Kamis 06 Jul 2023 00:08 WIB

Chatbot AI Bantu Mahasiswa Cari Patogen Mematikan, Bisa Disebarkan untuk Picu Pandemi Baru

Chatbot berpotensi berkontribusi pada bioterorisme.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
ChatGPT (ilustrasi). Tindakan pencegahan yang lebih ketat diperlukan untuk menekan informasi sensitif yang dibagikan melalui AI.
Foto: www.freepik.com
ChatGPT (ilustrasi). Tindakan pencegahan yang lebih ketat diperlukan untuk menekan informasi sensitif yang dibagikan melalui AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Munculnya kecerdasan buatan (AI) memunculkan kekhawatiran bahwa teknologi ini akan mengambil alih pekerjaan orang. Di sisi lain, teknologi seperti chatbot AI juga dapat membantu menemukan patogen pandemi baru.

Axios melaporkan penelitian baru menunjukkan bahwa chatbot berpotensi berkontribusi pada bioterorisme, membantu merancang virus yang mampu menyebabkan pandemi berikutnya. Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard di Cambridge, Massachusetts menugaskan mahasiswa untuk menyelidiki kemungkinan sumber pandemi masa depan dengan menggunakan bot, seperti ChatGPT.

Baca Juga

Itu adalah model AI yang dapat memberikan jawaban percakapan untuk pertanyaan tentang berbagai topik menggunakan basis data pengetahuan ensiklopedis. Dikutip dari Insider, Rabu (5/7/2023), mahasiswa menghabiskan waktu satu jam untuk bertanya kepada chatbot tentang topik seperti patogen berkemampuan pandemi, transmisi, dan akses ke sampel patogen.

Bot dengan mudah memberikan contoh virus berbahaya yang akan sangat efisien dalam menyebabkan kerusakan yang meluas, mengingat tingkat kekebalan masyarakat yang rendah, sementara tingkat penularannya tinggi. Bot, misalnya, menyarankan variola major alias virus cacar.

Alasannya, cacar dapat menyebar luas karena kurangnya vaksinasi saat ini dan virus serupa yang mungkin memberikan kekebalan. Selain itu, bot membantu memberi saran kepada mahasiswa tentang bagaimana mereka dapat menggunakan genetika terbalik untuk menghasilkan sampel infeksius.

Bot juga bahkan memberikan saran...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement