Rabu 05 Jul 2023 19:55 WIB

Mari Sambut Pesaing Twitter dari Meta, Meluncur di App Store Besok

Threads terdaftar untuk perangkat Android di Google Play Store.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Threads, platform pesaing yang dibuat Meta, akan dirilis di App Store, Rabu (6/7/2023).
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
Threads, platform pesaing yang dibuat Meta, akan dirilis di App Store, Rabu (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Akhirnya, Twitter harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pesaingnya. Threads, platform pesaing yang dibuat Meta, akan dirilis di App Store, Rabu (6/7/2023).

Ini diluncurkan tak lama setelah Threads terdaftar untuk perangkat Android di Google Play store pada pekan lalu, di tengah pemadaman Twitter yang akhirnya membuat Musk mengumumkan batasan jumlah Tweet yang dapat dilihat pengguna dalam sehari.

Baca Juga

Adapun Threads, aplikasi baru Meta akan berada di bawah payung Instagram. “Threads adalah tempat komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala hal, mulai dari topik yang Anda minati hari ini hingga apa yang akan menjadi tren besok,” tulis deskripsi dalam aplikasi tersebut.

“Apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengikuti dan terhubung langsung dengan pembuat konten favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama, atau bangun pengikut setia Anda sendiri untuk berbagi ide, opini, dan kreativitas Anda dengan dunia,” tulis deskripsi itu lebih lanjut.

Melansir dari SEA Mashable, Rabu (5/7/2023), menurut tangkapan layar yang menyertai daftar tersebut, pengguna akan dapat mengaplikasikan Threads sambil tetap menggunakan akun Instagram mereka saat ini. Ini juga akan memungkinkan pengguna untuk mengikuti akun yang sama yang sudah diikuti di Instagram.

Pengguna juga bisa sembari menikmati beberapa fitur yang sama (cukup banyak) yang sudah tersedia di Twitter, seperti membuat utas dan membalasnya dalam format yang sama.

Saat ini, masih tidak jelas apakah fitur lain seperti Clubhouse-style Spaces akan tersedia, tetapi diharapkan ini adalah hal-hal sederhana yang akan mudah diimplementasikan jika platform mulai beroperasi.

Bagi banyak orang, kedatangan Threads bisa menjadi alasan untuk membuang Twitter sebagai pesaing yang tepat, tidak seperti platform lain seperti Mastodon, Bluesky, atau Truth Social, yang baru-baru ini mencoba menawarkan tantangan yang kredibel tetapi tidak berhasil.

Sejak Musk mengambil alih Twitter, platform tersebut telah mengalami berbagai perubahan signifikan seperti pengenalan lencana verifikasi berbayar Twitter Blue, jumlah tampilan, berbagai jenis lencana verifikasi, dan yang terbaru, pembatasan sementara tampilan cuitan (yang entah bagaimana telah ditangguhkan untuk sementara waktu).

Aman untuk mengatakan bahwa sebagian besar dari perubahan ini tidak cocok dengan sejumlah besar pengguna, dengan banyak yang mencoba untuk melompat ke platform saingan lain dalam sepekan terakhir setelah pemadaman baru-baru ini.

Tapi sementara Threads tampaknya akan dirilis pekan ini, kemungkinan besar banyak orang mungkin harus menunggu kesempatan untuk masuk. Meta diharapkan akan meluncurkan aplikasi secara bertahap untuk menghindari lonjakan pengguna baru, mengingat bagaimana hal-hal seperti itu dapat dengan mudah merusak platform dan merusak kesan awal. Menyadari peluang untuk ‘mencuri’ sebagian besar basis pengguna pesaingnya, Meta pasti ingin melakukan langkah pertamanya dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement