Rabu 05 Jul 2023 22:35 WIB

Kiat Pilih Panel Surya Jika Ingin Pasang di Rumah

Panel surya juga dapat membantu menghemat biaya energi listrik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Masyarakat kini bisa berlangganan panel surya di rumah. Syaratnya, hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan yang bersifat tetap selama lima tahun, dan akan mengalami kenaikan setiap lima tahun setelahnya.
Foto: Sun Terra
Masyarakat kini bisa berlangganan panel surya di rumah. Syaratnya, hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan yang bersifat tetap selama lima tahun, dan akan mengalami kenaikan setiap lima tahun setelahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pemasangan panel surya di rumah menjadi alternatif ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi dan tidak memerlukan bahan bakar tambahan. Panel surya juga dapat membantu menghemat biaya energi listrik, terutama jika digunakan di rumah atau bisnis.

Peluangnya cukup bagus jika ada semacam solusi tenaga surya yang dapat bermanfaat bagi pemilik rumah, baik itu dalam bentuk membeli sistem, sewa, menandatangani perjanjian pembelian tenaga, atau mencari tenaga surya komunitas. Berikut tips untuk menentukan dan menilai kapabilitas panel surya jika hendak memasangnya di rumah, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga

 

1.Pertimbangkan usia atap rumah

Perkirakan sisa umur atap rumah Anda saat ini. Jika kurang dari 15 tahun maka mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengganti atap sebelum memasang panel surya.

Lakukan pemeriksaan bersama dengan pemasang surya untuk melihat apakah panel surya kompatibel dengan bahan atap di rumah Anda. Periksa dengan estimator surya daring seperti Project Sunroof Google atau Kalkulator PVWatts National Renewable Energy Lab.

Hanya dengan memberikan alamat, Anda bisa mendapatkan perkiraan berapa banyak tenaga surya yang dapat ditampung oleh atap rumah. Kemudian berapa banyak energi yang dapat dihasilkan oleh rangkaian surya hipotetis, dan berapa banyak yang dapat dihemat dalam jangka panjang. Beberapa perusahaan tenaga surya memiliki estimator sendiri.

 

2. Perhatikan lokasi rumah

Perkirakan jumlah jam matahari puncak untuk lokasi Anda sebagai bagian dari perhitungan. Tanyakan beberapa penawaran dari pemasang surya dan pertimbangkan itu sebelum membuat keputusan akhir.

 

3. Panel surya seperti apa yang masuk akal

Menurut Gilbert Michaud, asisten profesor kebijakan lingkungan di Loyola University Chicago, penghematan utilitas dari sebagian besar panel surya membayar sistem itu sendiri dalam waktu sekitar 10 tahun. "Maka Anda memiliki puluhan tahun listrik gratis setelah itu," kata dia.

Dia menambahkan bahwa bagi orang yang sering berpindah-pindah mungkin ragu-ragu untuk memasang panel surya. Dia mencatat bahwa sistem panel surya juga cenderung meningkatkan nilai properti. "Bahkan jika Anda tidak bertahan di sana, itu masih bisa menjadi keputusan yang cerdas," lanjut dia.

 

Jika telah memutuskan bahwa panel surya masuk akal untuk rumah Anda, selanjutnya harus menentukan apakah Anda ingin membuat energi yang dihasilkan tersedia untuk jaringan, menyimpannya dalam baterai untuk digunakan sendiri atau campuran keduanya.

Wyldon Fishman, pendiri New York Solar Energy Society, mengatakan menambahkan baterai ke sistem adalah keputusan yang buruk, tetapi dia mengakui bahwa baterai tetap menjadi salah satu komponen yang lebih mahal di panel surya mana pun. Baik Michaud dan Fishman setuju bahwa jika panel di rumah Anda tidak masuk akal, periksa program surya komunitas sebagai gantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement