Selasa 04 Jul 2023 20:05 WIB

Tertinggi Sepanjang 20 Tahun, Matahari Hasilkan Lebih dari 160 Bintik, Apa Pemicunya?

Hal ini memicu kekhawatiran adanya peristiwa luar angkasa yang parah di masa depan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Matahari menghasilkan lebih dari 160 bintik matahari pada bulan Juni. Itu merupakan jumlah bulanan tertinggi dalam lebih dari dua dekade.   ILustrasi
Foto: Dailymail
Matahari menghasilkan lebih dari 160 bintik matahari pada bulan Juni. Itu merupakan jumlah bulanan tertinggi dalam lebih dari dua dekade. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Matahari menghasilkan lebih dari 160 bintik matahari pada bulan Juni. Itu merupakan jumlah bulanan tertinggi dalam lebih dari dua dekade.

Data mengkonfirmasi bahwa siklus matahari saat ini, yang ke-25 sejak pencatatan dimulai, meningkatkan intensitas dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

Hal tersebut memicu kekhawatiran akan peristiwa cuaca luar angkasa yang parah dalam beberapa bulan dan tahun yang akan datang.

Sementara badan antariksa memperkirakan jumlah  bintik matahari bulanan selama siklus matahari ke-25 maksimum mencapai 125, bintang tersebut sekarang berada pada lintasan untuk mencapai puncaknya di bawah 200 bintik matahari bulanan, dan beberapa ilmuwan berpikir puncak ini mungkin tiba hanya dalam satu tahun.

“Jumlah bintik matahari rata-rata bulanan tertinggi sejak September 2002!” cuit fisikawan matahari Keith Strong di Twitter pada Ahad (2/7/2023), dilansir dari Space, Selasa (4/7/2023). “Jumlah bintik matahari Juni 2023 adalah 163,4 nilai tertinggi selama lebih dari 20 tahun.”

Pada Ahad (2/7/2023), salah satu bintik matahari ini, area yang lebih gelap dan lebih dingin di permukaan bintang yang menampilkan medan magnet yang padat dan kuat, menghasilkan semburan matahari yang kuat, kilatan cahaya yang energik, yang menyebabkan pemadaman radio sementara di barat.

AS dan di atas Samudra Pasifik, menurut Spaceweather.com. Peristiwa semacam itu mungkin menjadi lebih umum dalam waktu dekat karena siklus matahari mendekati jumlah tertingginya Bertentangan dengan perkiraan asli NASA dan NOAA, jumlah tertinggi ini mungkin agak berapi-api.

Lebih banyak bintik matahari tidak hanya berarti lebih banyak jilatan api matahari tetapi juga lebih banyak lontaran massa koronal, letusan kuat dari partikel bermuatan yang membentuk angin matahari. Itu bisa berarti cuaca luar angkasa yang buruk di Bumi. Semburan angin matahari yang kuat dapat menembus medan magnet Bumi dan menambah muatan partikel di atmosfer Bumi, yang memicu tampilan aurora yang memesona, tetapi juga menyebabkan masalah serius pada jaringan listrik dan satelit di orbit Bumi.

Tom Berger, fisikawan surya dan direktur Space Weather Technology Center di University of Colorado, Boulder, mengatakan kepada Space.com dalam wawancara sebelumnya bahwa setelah badai matahari besar yang melanda Bumi pada Oktober 2003, operator satelit kehilangan jejak ratusan pesawat ruang angkasa selama beberapa hari.

Ini terjadi karena peningkatan densitas gas di lapisan tertinggi atmosfer yang sesuai dengan wilayah orbit rendah Bumi tempat banyak satelit, serta Stasiun Luar Angkasa Internasional, berada.

Karena gas tipis di wilayah ini berinteraksi dengan angin matahari, atmosfer membengkak, menyebabkan satelit tiba-tiba menghadapi lebih banyak hambatan, atau hambatan, daripada yang mereka alami dalam cuaca luar angkasa yang tenang.

"Dalam badai terbesar, kesalahan dalam lintasan orbit menjadi begitu besar sehingga, pada dasarnya, katalog objek orbit menjadi tidak valid," kata Berger kepada Space.com. “Benda-benda itu bisa berjarak puluhan kilometer dari posisi terakhir yang ditemukan oleh radar. Mereka pada dasarnya hilang, dan satu-satunya solusi adalah menemukannya lagi dengan radar.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement