Selasa 04 Jul 2023 18:14 WIB

Ada Fitur Kesehatan AirPods Terbaru Apple, Ini Fungsinya

Beberapa AirPods akan mendapatkan fitur kesehatan baru yang didukung oleh iOS 17.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
AirPods di masa depan dapat mengukur suhu tubuh dengan saluran telinga Anda.
Foto: The Verge
AirPods di masa depan dapat mengukur suhu tubuh dengan saluran telinga Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Beberapa AirPods akan mendapatkan fitur kesehatan baru yang didukung oleh iOS 17. Fitur tersebut dapat memeriksa pendengaran Anda dan mengukur suhu tubuh melalui saluran telinga Anda.

Mark Gurman dari Bloomberg dalam buletin Power On mengatakan semua headphone baru Apple akan menyertakan USB-C. Perusahaan dilaporkan sedang merencanakan model AirPods Pro dan AirPods Max baru.

Baca Juga

AirPods sudah mendukung audiogram, profil audio dapat menyesuaikan dengan kemampuan pendengaran Anda. Saat ini, Anda dapat membuat audiogram menggunakan aplikasi Mimi. Earbud nirkabel lainnya juga memiliki kemampuan serupa.

Misalnya, Jabra Elite 75t menambahkan fitur pada tahun 2020 yang disebut MySound. Fitur itu dapat membuat profil suara khusus setelah memainkan serangkaian nada di setiap telinga dan mendorong pemakai untuk mengetuk layar mereka saat mendengar suara berisik.

Sementara itu, Nothing Ear 2 diluncurkan dengan tes pendengarannya sendiri dan fitur profil audio tahun ini. Gurman mengatakan Apple juga memposisikan AirPods sebagai alat bantu dengar. Sekarang Badan pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) telah menyetujui penjualan alat bantu dengar tanpa resep.

Gurman menambahkan AirPods di masa depan dapat mengukur suhu tubuh dengan saluran telinga Anda. Desas-desus bahwa Apple akan melakukan ini sudah ada sejak akhir 2021. Apple Watch Series 8 memperkenalkan sesuatu yang serupa tahun lalu meskipun sebagai suhu relatif yang hanya digunakan untuk pelacakan siklus menstruasi.

“Memperluas pelacakan suhu ke AirPods berpotensi membuat Apple lebih akurat dalam memberi tahu pemakainya jika mereka mulai sakit,” kata Gurman, dilansir The Verge, Selasa (4/7/2023).

Gurman yakin fitur kesehatan baru akan datang dalam beberapa bulan atau tahun. Meskipun USB-C AirPods mungkin akan segera hadir, AirPods Pro sendiri sejauh ini berada dalam siklus penyegaran tiga tahun.

Analis rantai pasokan Ming-Chi Kuo mengatakan pada bulan Maret bahwa dia mengharapkan versi USB-C dari AirPods Pro akan datang akhir tahun ini pada kuartal kedua atau ketiga. Apple tampaknya tidak memiliki rencana untuk keduanya.

Ada kemungkinan perangkat keras baru hanya berupa casing baru dengan port pengisian daya yang diperbarui, mirip dengan yang dilakukan Apple saat memperkenalkan casing MagSafe mandiri untuk AirPods Pro pada tahun 2021. Kuo juga memperkirakan pada bulan Januari bahwa AirPods senilai 99 dolar AS dan satu set AirPods Max baru akan segera hadir paling cepat tahun depan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement