Senin 03 Jul 2023 11:49 WIB

Pakar Belgia: Ilmuwan Cina Sempat Bahas Lab Wuhan, Tapi Dibungkam Begitu Covid-19 Merebak

Wuhan Institute of Virology dicurigai jadi sumber virus penyebab Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas keamanan mencoba mencegah fotografer mengambil gambar Institut Virologi Wuhan (WIV), Wuhan, China, 27 January 2021. Sebuah laporan yang diperoleh Amerika Serikat menyebut bahwa kepala lab mengirimkan e-mail kepada stafnya berisi larangan membicarakan virus corona di muka publik.
Foto:

Sebuah studi juga mengungkapkan temuan mengejutkan mengenai adanya bahaya biosafety di dalam laboratorium-laboratorium di Wuhan. Kondisi laboratorium-laboratorium tersebut terbilang sangat padat dan kacau, seperti dipenuhi oleh kandang-kandang binatang yang kotor dan selokan yang rusak.

"Mereka melakukan banyak percobaan aneh dengan memodifikasi virus-virus corona kelelawar untuk melihat apakah virus tersebut bisa beradaptasi pada sel manusia. Mereka melakukannya dalam skala besar," ujar Goffinet.

Yang tak kalah mencengangkan, Goffinet mengatakan beragam percobaan tersebut dilakukan dalam lingkup laboratorium dengan status BSL-2. Padahal, menurut Goffinet, percobaan serupa perlu dilakukan dalam laboratorium dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi, seperti laboratorium berstatus BSL-3 dan BSL-4.

"Mereka mengambil risiko. Mereka tidak hati-hati. Mungkin ada sebuah kesalahan yang terjadi dan itu membuat virus menyebar ke tengah masyarakat dengan cepat," ujar Goffinet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement