Ahad 02 Jul 2023 13:50 WIB

Elon Musk Menyalahkan Batasan Baru Twitter pada Perusahaan AI

Musk menyebut sejumlah perusahaan AI mengambil data secara agresif.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Lida Puspaningtyas
Ketua eksekutif Twitter, Elon Musk menyebut batasan terbaru di Twitter karena perusahaan AI.
Foto: EPA-EFE/MICHEL EULER / POOL MAXPPP OUT
Ketua eksekutif Twitter, Elon Musk menyebut batasan terbaru di Twitter karena perusahaan AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Eksekutif Twitter, Elon Musk terus menyalahkan batasan baru Twitter pada perusahaan kecerdasan buatan (AI). Ia menyebut  AI telah mengambil sejumlah besar data.

Dilansir dari The Verge, Ahad (2/7/2023), sekarang akun yang belum diverifikasi hanya akan dapat melihat 600 posting per hari, dan untuk akun baru yang belum diverifikasi, hanya 300 dalam sehari. Batasan untuk akun terverifikasi masih memungkinkan membaca hanya maksimal 6.000 posting per hari.

Baca Juga

Tak lama setelah itu, Musk men-tweet bahwa batas tarif akan segera meningkat menjadi 8.000 tweet untuk pengguna terverifikasi, 800 untuk tidak terverifikasi, dan 400 untuk akun baru yang tidak terverifikasi.

Pembatasan tiba satu hari setelah Twitter tiba-tiba mulai memblokir akses bagi siapa saja yang tidak masuk. Menurut Musk, ini diperlukan karena beberapa ratus organisasi mengorek data Twitter dengan sangat agresif, sampai pada titik di mana hal itu memengaruhi pengalaman pengguna yang sebenarnya.

Perubahan itu hanyalah salah satu dari beberapa cara yang dilakukan Musk untuk memonetisasi Twitter dalam beberapa bulan terakhir. Perusahaan mengumumkan perubahan API tiga tingkat pada bulan Maret yang akan mulai membebankan biaya untuk penggunaan API-nya.

Ini dilakukan hanya tiga bulan setelah akhirnya meluncurkan skema pembayaran verifikasi Twitter Blue seharga delapan dolar Amerika Serikat (AS) per bulan. Musk juga mengganti dirinya dengan CEO baru, Linda Yaccarino. Mantan eksekutif iklan dari NBC Universal telah dipekerjakan untuk memulihkan hubungan dengan pengiklan yang telah memangkas pengeluaran mereka di Twitter.

Sebagai perusahaan swasta, The Verge mengetahui lebih sedikit tentang situasi keuangan Twitter dibandingkan sebelum pembelian Musk, tetapi perekrutan Yaccarino mencerminkan betapa pentingnya pendapatan iklan bagi bisnis. Membatasi akses ke situs secara langsung bertentangan dengan tujuan menciptakan peluang untuk melihat tempat iklan yang dibayar perusahaan, tetapi pandangan otak monopoli Musk tentang Twitter mungkin mengaburkannya.

Musk menyalahkan perusahaan yang mencoba menyerap data untuk AI yang melatih large language model (LLM) seperti yang ada di belakang ChatGPT, Microsoft Bing, dan Google Bard. Namun dia tidak menyebutkan keputusannya untuk memberhentikan lebih dari setengah staf Twitter sejak mengambil alih perusahaan musim gugur lalu, termasuk orang-orang yang penting untuk memelihara infrastrukturnya.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) sembarangan berarti perusahaan bahkan harus mempekerjakan kembali beberapa insinyur yang telah diberhentikan, dan orang-orang telah berulang kali memperingatkan bahwa memecat begitu banyak orang akan memengaruhi stabilitas Twitter.

Pemutusan hubungan kerja yang signifikan di bulan Maret adalah akibat dari perubahan yang dilakukan oleh seorang teknisi. Platformer melaporkan tagihan Google Cloud Twitter tidak dibayar selama berbulan-bulan hingga baru-baru ini, yang mencerminkan "Deep Cuts Plan" yang sebelumnya dilaporkan Reuters yang berupaya memotong jutaan dolar per hari untuk pengeluaran biaya infrastruktur.

November lalu, seorang insinyur Twitter yang tidak disebutkan namanya yang diwawancarai oleh MIT Technology Review mengatakan bahwa setelah pengurangan staf, banyak hal yang akan lebih sering rusak.

"Hal-hal akan rusak untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal-hal akan rusak dengan cara yang lebih para... Ini akan menjadi gangguan kecil untuk memulai, tetapi karena perbaikan back-end ditunda, banyak hal akan menumpuk sampai orang akhirnya menyerah begitu saja," katanya

Dalam artikel yang sama, insinyur keandalan situs Ben Kreuger mengatakan ia mulai melihat masalah signifikan yang dihadapi publik dengan teknologi dalam waktu enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement