Rabu 28 Jun 2023 12:52 WIB

Apple: Segera Update iPhone Anda!

Apple telah mengeluarkan pembaruan keamanan penting untuk iPhone.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple telah mengeluarkan pembaruan keamanan penting untuk iPhone dan pengguna diimbau memastikan perangkat lunak ponselnya segera diperbarui.
Foto: dok Cnet
Apple telah mengeluarkan pembaruan keamanan penting untuk iPhone dan pengguna diimbau memastikan perangkat lunak ponselnya segera diperbarui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pengguna iPhone, ada baiknya sekarang segera mengecek pengaturan ponsel. Pasalnya, Apple telah mengeluarkan pembaruan keamanan penting untuk iPhone dan pengguna diimbau memastikan perangkat lunak ponselnya segera diperbarui.

Dikutip dari laman Mirror, Rabu (28/6/2023), Apple meminta pengguna melakukan pembaruan iOS untuk memperbaiki dua gangguan yang sangat serius. Raksasa teknologi Amerika Serikat itu mengatakan, ada bug yang mungkin dieksploitasi secara aktif.

Baca Juga

Artinya, kemungkinan penjahat dunia maya menggunakan celah itu untuk menyerang perangkat. Lewat rilisnya, Apple mengatakan ada dua gangguan yang memungkinkan eksekusi kode arbitrer, alias peretas dapat membuat perangkat melakukan tugas tanpa izin pemiliknya.

Bug pertama menggunakan aplikasi sebagai cara untuk melakukan serangan, sedangkan bug kedua dilakukan melalui konten web. Meskipun kedengarannya cukup menakutkan, setelah unduhan iOS 16.5.1 terbaru di-install, serangan itu tak akan terjadi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak sesuai anjuran di pengaturan ponsel. Bersamaan dengan penyortiran duo bug keamanan, Apple juga mengatakan rilisan pembaruan memperbaiki masalah yang mencegah pengisian daya.

Khususnya, masalah pengisian daya yang bisa terjadi dengan "Lightning to USB 3 Camera Adapter". Untuk memeriksa apakah perangkat lunak di ponsel benar-benar mutakhir, buka "pengaturan", lalu lanjut ke bagian "umum", dan "pembaruan perangkat lunak".

Jika iPhone Anda sudah menjalankan iOS 16.5.1, artinya pengguna bisa merasa tenang. Akan tetapi, apabila seri iOS yang tertera masih lebih lawas dari itu, maka saatnya untuk menekan tombol "unduh" dan install.

Berita pembaruan iOS 16.5.1 datang saat Apple akan meluncurkan iOS 17. Seri perangkat lunak teranyar itu mencakup sejumlah perubahan seperti kartu kontak baru, perpesanan yang ditingkatkan, mode siaga, dan aplikasi jurnal.

Ada juga opsi untuk berbagi nomor dengan lebih mudah dengan kontak baru melalui pembaruan yang disebut "NameDrop" yang menukar detail saat dua perangkat didekatkan satu sama lain. Belum ada tanggal rilis resmi, tetapi diperkirakan iOS 17 hadir pada September 2023.

"Dengan iOS 17, kami membuat iPhone lebih personal dan intuitif dengan mempertimbangkan secara mendalam fitur-fitur yang kita semua andalkan setiap hari," kata wakil presiden senior rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement