Senin 26 Jun 2023 20:07 WIB

Tips Mengecek Akun Google Anda Digunakan Orang tak Dikenal, Begini Langkahnya

Anda bisa menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan fitur Verifikasi Dua Langkah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria menggunakan Google (ilustrasi). Ada beberapa langkah untuk mengetahui akun Google Anda digunakan oleh orang tak dikenal.
Foto: Reuters/Dado Ruvic
Seorang pria menggunakan Google (ilustrasi). Ada beberapa langkah untuk mengetahui akun Google Anda digunakan oleh orang tak dikenal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google memungkinkan Anda memeriksa komputer, ponsel, dan perangkat lain di mana Anda berada atau pernah masuk ke akun Google Anda. Anda dapat memeriksa google.com/devices untuk memastikan tidak ada orang lain yang masuk ke akun Anda.

Dilansir laman India Today, Senin (26/6/2023), berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara memeriksa apakah akun Google Anda digunakan oleh orang yang tidak dikenal:

Baca Juga

1. Buka bagian pengaturan ponsel Anda dan gulir ke bawah untuk mengetuk opsi “Google”.

2. Ketuk “Manage your Google account”.

3. Geser ke kiri pada layar hingga Anda mencapai bagian “Security”. Nama-nama bagian terlihat di bagian atas layar.

4. Gulir ke bawah ke bagian “Your devices”, dan ketuk di atasnya.

5. Ketuk lagi “Manage your Google account”. Sekarang, Anda akan dapat melihat semua perangkat yang masuk ke akun Google Anda.

6. Jika Anda menemukan perangkat tidak dikenal yang belum masuk ke akun Google Anda, maka Anda cukup mengetuk ke perangkat itu di daftar.

7. Ketuk lagi tombol “Sign out”. Selanjutnya, ada hal bisa Anda lakukan lagi untuk menambahkan keamanan ekstra ke akun Google Anda. Jika Anda menemukan akun Google Anda di perangkat lain yang tidak dikenal, Anda harus terlebih dahulu mengubah kata sandi akun Anda, setelah keluar darinya di pengaturan.

Jika ingin menambahkan lapisan keamanan ekstra, maka aktifkan fitur Verifikasi Dua  Langkah atau 2-Step Verification. Anda juga dapat mengaktifkan fitur dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas karena opsinya terlihat di bagian keamanan.

Setelah Anda mengatur ini, Anda akan dapat masuk ke akun Google di perangkat apa pun menggunakan kata sandi terdaftar atau perangkat utama Anda yang telah mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Jika Anda tidak ingin memasukkan kode Verifikasi Dua Langkah atau menggunakan Kunci Keamanan (Security Key) setiap kali masuk ke Google Account, Anda dapat menandai komputer atau perangkat seluler sebagai tepercaya. Dengan komputer dan perangkat tepercaya, Anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi setiap kali masuk.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement