Sabtu 24 Jun 2023 22:50 WIB

Mampu Optimalkan Teknologi Medsos, Ray Faldo Berbagi Kiat Jadi TikToker

Pemerintah sendiri menaruh perhatian tinggi kepada para kreator konten di Tiktok.

(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial mampu memberikan kehidupan lebih baik bagi siapapun yang mampu memanfaatkannya. Hal itu diungkapkan oleh pegiat medsos Ray Faldo. Dari yang serba terbatas, kini bisa memiliki apapun yang dulu hanya sebatas mimpi baginya.

"Alhamdulillah bisa membahagiakan orang tua, anak, istri dari profesi ini. Banyak hal yang dulu hanya sekedar mimpi untuk didapatkan, namun sekarang berhasil dimiliki," ujar Ray Faldo, Sabtu (24/6/2023). 

Baca Juga

Adik Seleb TikTok Ragil Mahardika ini dulu pernah berangan-angan menjadi polisi atau tentara. "Tapi dua kali daftar Polri, dua kali daftar TNI selalu gagal," ungkapnya.

Lantas, dia bekerja sebagai driver ojek online selama setahun. Juga sempat menjadi kuli gudang dan karyawan kantoran. "Saya berasal dari keluarga sederhana. Semasa kecil, keluarga hanya mengontrak di rumah bedeng yang hanya punya 1 kamar. Sedangkan saya anak bungsu dari 3 bersaudara," kenang Ray. 

Nasib pemilik nama lengkap Aldi Rayfaldo Putra ini mulai berubah lebih baik saat fokus menjadi content creator di TikTok. Dia membuat video-video ringan yang lucu dan menghibur, yang lekat dengan keseharian masyarakat. 

"Biasanya cari referensi dari komedi-komedi luar negeri, lalu divariasikan agar sesuai untuk masyarakat Indonesia. Tapi kebanyakan ide datang ketika melamun, menyetir atau bahkan ketika di toilet," kata Ray.

photo
Pegiat medos tanah air Ray Faldo. - (Dok. Pri)

Salah satu konten andalannya 'Serius Nanyak'. Jadi, Ray menjawab pertanyaan-pertanyaan nyeleneh dari netizen dengan gaya yang kocak. 

Kini, Ray punya 2,1 juta pengikut di TikToknya @rayfaldop dan 224 ribu follower di Instagram @rayfaldo. Jika dulu tak ada yang mengenal pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 28 Mei 1999 ini, kini kemana pun kakinya melangkah selalu ada yang menyapa.

"Setelah menjadi content creator TikTok, hidup berangsur lebih baik. Pendapatan lebih besar, keuangan lebih stabil. Apa yang dua tahun lalu hanya sekedar mimpi, sekarang semuanya sudah dimiliki," kata Ray. 

Pemerintah sendiri menaruh perhatian tinggi kepada para kreator konten di TikTok. Indonesia bahkan menjadi tuan rumah TikTok Southeast Asia Impact Forum akhir pekan lalu. 

Dalam kegiatan yang digelar akhir pekan kemarin itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta konten kreator TikTok menggunakan platform tersebut dengan baik. 

“Bermain lah TikTok dengan benar, hal yang gak perlu-perlu jangan lah. Boleh politik di TikTok tapi jangan yang bikin ribut. Gunakan yang dapat menjadi pembelajaran,” kata Luhut. 

Luhut juga mengajak konten kreator TikTok Indonesia untuk lebih bangga dengan Indonesia. “Anda sekalian generasi muda Indonesia perlu bangga dengan negara ini. Tentu kita menghadapi permasalahan di sana-sini, tapi di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia berjalan dengan baik pada delapan tahun terakhir,” kata dia di depan para konten kreator aplikasi TikTok, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement