Kamis 22 Jun 2023 10:05 WIB

Google Rilis Fitur Help Me Write, Ini Fungsinya

Fitur ini hadir untuk aplikasi GMail di Android dan iOS.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google meluncurkan fitur ‘Help Me Write’ untuk aplikasi Gmail di Android dan juga iOS. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk menulis email dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).
Google meluncurkan fitur ‘Help Me Write’ untuk aplikasi Gmail di Android dan juga iOS. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk menulis email dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kecerdasan buatan (AI) saat ini telah merambah berbagai sektor, termasuk email. Google meluncurkan fitur ‘Help Me Write’ untuk aplikasi Gmail di Android dan juga iOS. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk menulis email dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Fitur baru Gmail ini diumumkan pada saat konferensi pengembang tahunan pada akhir Mei 2023 lalu atau Google I/O. Fitur ‘Help Me Write’ sudah tersedia untuk pengguna yang tergabung di program Workspace Lab. Program ini untuk wadah uji coba untuk pengguna yang ingin mencoba fitur baru Google.

Baca Juga

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut ini caranya seperti dilansir dari laman Times of India, Kamis (22/6/2023).

1. Buka Google dan klik pada bagian Compose

2. Dibagian bawah Compose, klik tombol Help Me Write

3. Di box Prompt, ketik deskripsi singkat email apa yang akan Anda buat. Misalnya Anda ingin menuliskan mengenai cuti atau menulis sebuah email mengenai tak akan hadir dalam sebuah kegiatan.

4. Setelah itu klik menu “Create” untuk mengkonfirmasi perintah pengguna. Google akan membuat draft email. Anda bisa mengeditnya sebelum di kirimkan.

5. Jika Anda sudah merasa cukup puas dengan email tersebut, klik Insert.

6. Jika sudah sesuai, klik Send.

Google menggunakan kekuatan AI untuk menghemat energi dan waktu saat menulis email. Fitur ini juga membuat Anda lebih efektif saat membuat email dengan memberikan poin awal.

Perlu diingat, semakin Anda spesifik memberikan kata kunci, maka akan semakin baik hasilnya. Misalnya kata kunci email untuk teman. Akan lebih baik jika Anda menuliskan email untuk teman saya Ryan mengenai sebuah presentasi.

Anda juga bisa mengedit, membuatnya lebih panjang atau lebih pendek. Anda juga bisa menggunakan tombol refresh jika ingin membuat email baru. Alat ini tidak bisa membuat semua jenis email yang Anda inginkan, apalagi yang mengenai pengetahuan yang spesifik atau membutuhkan tenaga ahli. Alat ini juga tidak bisa membuat email yang bersifat rahasia dan sensitif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement