Ahad 18 Jun 2023 10:28 WIB

Harap Maklum, Faktor Hormon Bikin Pria Jadi Lebih Egois daripada Wanita

Peneliti mengungkap peran faktor hormon testosteron pada pria terhadap perilakunya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pria dan wanita (ilustrasi). Pria tampak lebih egois daripada wanita. Hal itu rupanya dipengaruhi hormon testosteron.
Foto: www.freepik.com
Pria dan wanita (ilustrasi). Pria tampak lebih egois daripada wanita. Hal itu rupanya dipengaruhi hormon testosteron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian menunjukkan bahwa testosteron membuat pria benar-benar lebih egois sampai lupa untuk berlaku adil. Kecenderungan pria untuk menjadi pasangan yang kurang sensitif dalam mengenali kebutuhan istrinya atau menjadi sosok kolega yang keras kepala telah dikaitkan dengan faktor hormonal.

Tingkat testosteron yang lebih tinggi ditemukan mengarah pada keputusan yang memprioritaskan motif egois alih-alih keadilan. Dalam sebuah tes, 110 pria muda dibagi menjadi dua kelompok. Setengah dari jumlah responden menerima gel testosteron gosok. Kelompok ini diminta membagi uang antara mereka dan orang lain, yang tidak ada di ruangan itu.

Baca Juga

Laki-laki yang diberi testosteron lebih maruk dan menyimpan lebih banyak uang secara signifikan, sementara yang lain memilih pembagian yang lebih adil. Para peneliti berpikir motifnya adalah mencoba meningkatkan pendapatan dan status sosial. Mereka menilai, secara historis,  langkah itu akan meningkatkan peluang untuk menemukan jodoh dan memiliki anak.

"Testosteron condong memprioritaskan kepentingan egois responden," kata peneliti yang berbasis di Hong Kong, Yin Wu, dilansir The Sun, Ahad (18/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement