Jumat 16 Jun 2023 14:05 WIB

SpaceX Siapkan Peluncuran Starship Berikutnya

Uji terbang Starship selanjutnya direncanakan dalam 6-8 pekan mendatang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perusahaan SpaceX dilaporkan bersiap untuk meluncurkan kendaraan roket Starship lagi.
Foto: cnet
Perusahaan SpaceX dilaporkan bersiap untuk meluncurkan kendaraan roket Starship lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Perusahaan SpaceX dilaporkan bersiap untuk meluncurkan kendaraan roket Starship lagi. CEO perusahaan Elon Musk menulis di Twitter bahwa uji terbang Starship berikutnya akan berlangsung dalam enam hingga delapan minggu.

Dilansir Gizmodo pada Jumat (16/6/2023), roket Starship diluncurkan untuk pertama kalinya pada 20 April lalu untuk uji terbang yang kurang ideal. Ada beberapa mesin roket yang gagal beroperasi dalam penerbangan. Roket juga membutuhkan waktu 40 detik untuk menanggapi perintah penghancuran diri, atau aspek lain yang mengkhawatirkan dari penerbangannya.

Baca Juga

Peluncuran pertama Starship mengirimkan awan debu dan puing ke area sekitarnya, yang menyebabkan kerusakan pada launchpad. SpaceX dilaporkan memperbaiki launchpad dan melakukan peningkatan untuk mencegah kerusakan di masa mendatang, termasuk memasang sistem banjir di fasilitas Starbase di South Texas. Perusahaan baru-baru ini menguji pelat baja berpendingin air terhadap api dahsyat dari salah satu mesin roket.

SpaceX juga memindahkan prototipe Starship berikutnya, Ship 25 ke tempat peluncuran menjelang uji api statis. Uji api statis akan menyalakan enam mesin Raptor tahap kedua. Ship 25 akan dipasang di atas Booster 9 untuk uji terbang mendatang. Booster mengalami beberapa peningkatan dibandingkan dengan yang digunakan untuk penerbangan uji coba pada April lalu, yaitu beralih dari kontrol vektor dorong hidrolik ke kontrol vektor dorong listrik. Hal itu bertujuan untuk mencegah anomali Starship selama peluncuran pertamanya.

Dengan semua perbaikan ini, SpaceX masih membutuhkan lampu hijau dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk meluncurkan Starship penerbangan uji kedua. FAA menunggu penyelidikan yang sedang berlangsung atas penerbangan Starship yang gagal beberapa waktu lalu. FAA juga berjuang melawan gugatan terkait peluncuran yang gagal, yang mendorong koalisi konservasi dan kelompok nirlaba lokal Texas untuk menuntut persetujuannya atas aktivitas Starship SpaceX di Boca Chica. SpaceX baru-baru ini mengajukan untuk bertarung bersama FAA dalam gugatan ini.

SpaceX bukan satu-satunya entitas yang menunggu untuk melihat Starship terbang. NASA juga bersemangat untuk tes Starship yang akan datang, karena SpaceX berada di bawah kontrak 2,89 miliar dolar AS (sekitar Rp 43 triliun) untuk menggunakan versi pendarat bulan dari roket Starship. Versi ini ditargetkan mendaratkan manusia di Bulan pada akhir 2025 sebagai bagian dari misi Artemis 3 badan antariksa, dan Artemis 4 pada 2028, di bawah kontrak terpisah senilai 1,15 miliar dolar AS (sekitar Rp 16 triliun) yang ditandatangani tahun lalu.

Administrator asosiasi NASA untuk pengembangan sistem eksplorasi, Jim Free baru-baru ini menyatakan keprihatinannya bahwa misi Artemis 3 dapat mengalami penundaan karena Starship. Musk terus menjanjikan tanggal peluncuran fiktif untuk uji terbang pertama Starship yang tidak pernah terwujud sampai roket akhirnya lepas landas pada awal tahun ini, yang kemudian meledak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement