Kamis 15 Jun 2023 16:14 WIB

Exotel Hadirkan Wajah Baru untuk Costumer Experience 

Platform teknologi yang memberikan transformasi digital yang lebih cepat dan luas. 

CGO Exotel Sachin Bathia tengah presentasi platform mereka di hadapan eksekutif perusahaan.
Foto: dok. Republika
CGO Exotel Sachin Bathia tengah presentasi platform mereka di hadapan eksekutif perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan cepat di industri teknologi informasi komunikasi (TIK) telah mendorong peningkatan pengelolaan pengalaman pelanggan atau customer experience (CX). Platform teknologi yang composable akan mendorong inovasi untuk meningkatkan customer experience dan memberikan transformasi digital yang lebih cepat dan luas. 

Hal ini diungkapkan Sachin Bhatia Chief Growth Officer dan Co-Founder Exotel dalam jumpa pers, Rabu (14/6/2023) di Le Meridien Jakarta. "Keterlibatan pelanggan adalah sarana yang digunakan perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan basis konsumennya dan menumbuhkan loyalitas dan kesadaran merek. Tetapi ada banyak tantangan di sini yang dapat mempengaruhi bisnis," kata dia dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/6/2023). 

Untuk itu, Bhatia menegaskan, Exotel menghadirkan solusi keterlibatan pelanggan. “Kami adalah penggerak awal dalam kategori ini, menyediakan perusahaan dengan teknologi yang menangkap perjalanan pelanggan di berbagai titik sentuh. Ketersediaan data pada platform terintegrasi dapat membantu perusahaan meningkatkan standar keterlibatan dan pengalaman pelanggan beberapa tingkat,” ungkapnya. 

Dia menjelaskan, integrated channels adalah layanan Exotel untuk mengikat semua titik kontak agen, mengoptimalkan layanan mandiri, serta memanfaatkan kemampuan bots. Cara ini akan meningkatkan visibilitas layanan, sekaligus membangun kepercayaan konsumer memaksimalkan efisiensi.

Dalam arsitektur single-vendor architecture, maka aplikasi, bots, dan operator manusia bisa beriringan. Namun, sering kali data tersebar di beberapa saluran sehingga malah jadi menyulitkan bagi perusahaan, imbas integrasi data lebih lama dengan biaya meroket.

“Intelligent conversations adalah solusi ketika layanan contact center eksisting menjadi tidak efisien karena 60-80 persen kontak yang masuk itu, isinya scam sehingga memakan waktu dan melibatkan biaya agen. Hal ini tentu harus dicari solusinya,” ucapnya.

Exotel, lanjut dia, mampu menghadirkan intelligent conversations yang dapat sepanjang waktu menyokong tanpa peningkatan jam kerja atau biaya, mengurangi biaya hingga 65 persen untuk rutinitas pertanyaan, sekaligus memberikan jawaban standar kepada pengguna/pelanggan.

Tidak ada lagi kerumitan ketika semua data tidak hanya di satu tempat. Namun dapat menawarkan konteks lebih baik untuk para agen call center. Dan pada akhirnya akan membantu menghemat waktu, serta dalam jangka panjang bot akan dilatih untuk dapat melayani tanpa pengawasan.

“Jadi melalui platform Exotel, sebuah bisnis dapat terhubung dengan konsumen di WhatsApp serta media lainnya untuk memastikan bahwa mereka memberikan pengalaman pelanggan yang personal dan imersif yang memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement