Rabu 07 Jun 2023 05:05 WIB

Ini 5 Alasan Orang Indonesia Beli Ponsel Baru

Ada lima faktor penentu masyarakat Indonesia untuk membeli ponsel baru.

Samsung Electronics Indonesia mengungkap alasan atau faktor terbesar masyarakat di Indonesia dalam membeli ponsel baru adalah untuk pemutakhiran performa perangkat keras.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Samsung Electronics Indonesia mengungkap alasan atau faktor terbesar masyarakat di Indonesia dalam membeli ponsel baru adalah untuk pemutakhiran performa perangkat keras.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Samsung Electronics Indonesia mengungkap alasan atau faktor terbesar masyarakat di Indonesia dalam membeli ponsel baru adalah untuk pemutakhiran performa perangkat keras.

"Sebanyak 72 persen yang membeli ponsel baru mengatakan alasannya karena ingin upgrade di hardware performance," kata MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Taufiq Furqan di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Taufiq menjelaskan secara umum terdapat lima faktor yang menentukan kebiasaan masyarakat Indonesia untuk membeli ponsel baru. 

 

1. Performa perangkat keras 

Ini menjadi faktor tertinggi lantaran kebutuhan pengguna ingin memastikan bahwa ponsel yang akan dibeli dapat memenuhi kebutuhan yang harus di lakukan.

Misalnya, jika seseorang berencana menggunakan ponselnya untuk bermain game atau mengedit video, mereka ingin memastikan bahwa ponsel tersebut memiliki prosesor yang kuat dan RAM yang besar.

Saat teknologi baru muncul, produsen ponsel pintar terus mengembangkan perangkat keras baru untuk memanfaatkannya. Dengan membandingkan kinerja telepon yang berbeda, orang dapat membuat keputusan tentang mana yang akan dibeli.

 

2.Performa baterai 

Ini menjadi alasan terbesar kedua dalam menentukan masyarakat membeli ponsel baru. Sebanyak 41 persen pembeli menyebut kapasitas baterai yang besar dan tahan lama biasanya dibutuhkan oleh pengguna dengan mobilitas tinggi.

Performa baterai yang baik akan membantu pengguna dalam mengoperasikan ponsel tanpa perlu sering mengisi daya.

 

3. Kualitas kamera 

Ini adalah faktor penting lain dipertimbangkan. Sebanyak 22 persen menjawab ponsel dengan kamera yang bagus akan mampu mengambil foto dan video yang tajam dan jernih.

 

4. Sistem operasi

Sedangkan sisanya, sebanyak 19 persen, mengatakan alasan terbesar membeli ponsel baru dipengaruhi masing-masing oleh operating system, serta user interface. 

 

5. Kualitas layar atau display.

 

Meskipun demikian, Samsung tidak menyebut jumlah total pengguna yang memberikan tanggapan terkait alasan membeli ponsel baru.

"Pembeli selalu menyebut ingin hardware yang lebih baik, itu alasan yang terbesar. Samsung memahami kebutuhan tersebut dengan menghadirkan berbagai varian produk," kata Taufiq.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement