Jumat 02 Jun 2023 15:13 WIB

Google Diam-Diam Tinggalkan Chromecast Generasi Pertama

Perangkat Chromecast memang jarang mendapatkan pembaruan sistem yang rutin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google resmi menghentikan dukungannya untuk perangkat Chromecast generasi pertama.
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File
Google resmi menghentikan dukungannya untuk perangkat Chromecast generasi pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google resmi menghentikan dukungannya untuk perangkat Chromecast generasi pertama, yang telah beredar selama 10 tahun sejak dirilis pada 2013. Dengan penghentian dukungan ini, Chromecast generasi pertama tak akan mendapatkan lagi pembaruan perangkat lunak atau keamanan.

"Dukungan untuk Chromecast (generasi pertama) telah diakhiri. Perangkat-perangkat ini tak lagi menerima pembaruan perangkat lunak atau keamanan," ujar pesan yang muncul di beberapa laman dukungan Google, seperti dilansir The Verge.

Baca Juga

Google juga mengungkapkan bahwa mereka tak lagi menyediakan layanan dukungan teknis untuk Chromecast generasi pertama. Selain itu, Google turut memberikan peringatan kepada para pengguna bahwa perangkat Chromecast generasi pertama mereka akan mengalami penurunan performa.

Perangkat Chromecast generasi pertama masih akan bisa bekerja seperti biasa. Akan tetapi, fungsi-fungsi pada Chromecast generasi pertama akan mulai tidak bekerja seiring waktu, mengingat ekosistem di sekitarnya akan terus mengalami pembaruan. Di sisi lain, pembaruan terakhir yang didapatkan oleh Chromecast generasi pertama terjadi pada akhir April lalu.

Chromecast merupakan sebuah perangkat yang bisa dicolokkan pada lubang HDMI di  televisi. Dengan perangkat ini, pengguna bisa menghubungkan beragam aplikasi streaming video dari ponsel, tablet, atau laptop mereka ke layar televisi. Dengan demikian, mereka dapat menonton banyak konten video dari layanan streaming video di layar televisi.

Saat pertama kali diluncurkan pada 2013, Chromecast dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu 35 dolar AS atau sekitar Rp 505 ribu. Kala itu, belum ada banyak konsumen yang beralih ke televisi pintar.

Menyusul kesuksesan Chromecast generasi pertama, Google merilis beberapa model Chromecast terbaru, termasuk model 4K pada 2016. Per 2020, Google juga telah merilis Chromecast yang disertai dengan Google TV.

Secara umum, 9to5Google mengungkapkan bahwa perangkat Chromecast memang jarang mendapatkan pembaruan sistem yang rutin. Sebelumnya, perangkat Chromecast juga sempat tak mendapatkan pembaruan selama tiga tahun sebelum akhirnya mendapatkan kembali pembaruan sistem pada November tahun lalu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement