Kamis 01 Jun 2023 15:00 WIB

Cara Gunakan Beam Rover, Diklaim Lebih Murah dari Ojol

Sepeda listrik mulai banyak digunakan sebagai sarana transportasi alternatif.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok.
Foto: Republika/Santi Sopia
Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Sepeda listrik mulai banyak digunakan sebagai sarana transportasi alternatif bagi masyarakat. Mobilitas mikro telah menjadi bagian dari strategi transportasi alternatif yang dipilih untuk membantu mengurangi emisi karbon atau polusi kendaraan bermotor.

Ady Muzadi, Country Head Beam Mobility Indonesia, mengatakan kehadiran Beam Mobility tentu mendukung program pemerintah terkait target pengurangan emisi. Untuk tarif penggunaan sepeda listrik ini juga diklaim bisa lebih murah dari ojek daring (ojol).

Baca Juga

“Rp 700 per per menit, kami sudah berdiskusi kalau kamu tidak salah 40 persen lebih murah dari ojol asumsi 10 menit,” kata Ady dalam peluncuran kerjasama Beam Mobility dengan Universitas Indonesia (UI) di Depok.

Untuk mengoperasikannya, bisa mengikuti langkah berikut.

1.Pengguna cukup mengunduh aplikasi Beam di App Store atau Google Play dan menemukan sepeda listrik terdekat melalui aplikasi.

2. Selanjutnya, pengguna dapat memindai kode QR dan mengikuti petunjuk di dalam aplikasi untuk membuka kendaraan.

3. Sebelum berkendara, pengguna harus menggunakan helm dan mengecek semua peralatan kendaraan, termasuk rem.

4. Jika sudah siap berkendara, lipat standar kendaraan sebelum duduk di jok dan putar star kanan secara pelan-pelan. Pengguna sudah dapat berkeliling dengan Beam Rover.

5. Selama berkendara, jika ingin mengurangi kecepatan, pengguna dapat melepaskan stang kanan dari pegangan kemudian tarik tuas rem pada stang kendaraan.

6. Untuk mengakhiri perjalanan, ia dapat memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah ditentukan. Letakkan kendaraan jauh dari pejalan kaki, lalu lipat kembali standar sepeda listrik dan ikuti petunjuk pada aplikasi.

Pembayaran untuk penggunaan layanan ini dapat dilakukan dengan kartu kredit dan debit, atau dengan metode pembayaran populer di Indonesia, seperti Shopeepay dan Dana. Siapa pun yang mendaftar di aplikasi Beam akan secara otomatis dimasukkan ke dalam undian berhadiah, dan satu orang akan dipilih untuk memenangkan layanan Beam secara gratis selama setahun penuh. Syarat dan ketentuan kompetisi dapat dilihat di akun Instagram Beam @ridebeam.indonesia.

“Kita charging baterai ada warehouse, tempat charging, perugas kita akan mengganti batrenya, tidak dicas di tempat parkir,” kata Ady menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement