Senin 29 May 2023 12:05 WIB

Asyik, Cukup Tulis Nama dan tanpa Simpan Kontak, Pesan WhatsApp Bisa Terkirim

Whatsapp sedang melakukan pembaruan besar terhadap nama pengguna.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Aplikasi milik Meta, Whatsapp sedang melakukan pembaruan besar terhadap nama pengguna WhatsApp. Menurut situs WABetaInfo, ke depannya Whatsapp dapat memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada orang lain tanpa memiliki nomor telepon mereka.

"Pengguna WhatsApp akan memiliki kesempatan untuk menambahkan lapisan privasi lain ke akun mereka," tulis WABetaInfo di blog seperti dilansir dari laman Daily Mail, Senin (29/5/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan alih-alih hanya mengandalkan nomor telepon untuk mengidentifikasi kontak, pengguna akan dapat memilih nama pengguna yang unik dan mudah diingat.

WABetaInfo melihat fitur baru di WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.11.15. "Meskipun fitur ini sedang dalam pengembangan dan belum terlihat, kami memiliki cuplikan untuk dibagikan," katanya.

Ia membagikan tangkapan layar pengembangan tersebut. Tangkapan layar menunjukkan opsi untuk menambahkan nama pengguna unik di halaman Profil dalam pengaturan aplikasi.Namun, detail lebih lanjut tentang cara kerja fitur tersebut masih belum jelas. "Karena fitur ini masih dalam pengembangan, masih terlalu dini untuk memahami cara kerja nama pengguna di WhatsApp," jelas WABetaInfo.

Whatsapp memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan bisnis secara pribadi, sehingga melindungi nomor telepon mereka, atau mungkin penggunaannya akan lebih luas, memungkinkan komunikasi pribadi dengan pengguna mana pun.

"Hanya waktu yang akan memberi kami jawaban lebih lanjut, tetapi kami yakin mereka akan merevolusi cara kami berkomunikasi di WhatsApp di masa mendatang."

Sementara WhatsApp belum mengkonfirmasi berita tersebut, beberapa pengguna yang bersemangat telah dibawa ke Twitter untuk mengungkapkan kegembiraan mereka atas rumor tersebut.

Hal ini ditanggapi oleh warganet, salah satu pengguna berkomentar. "Akhirnya!!! Sudah waktunya untuk membaca sesuatu seperti ini dan karena itu nomor teleponnya bisa disembunyikan, sejujurnya ini bagus!!!"

Warganet lainnya berkomentar, "Pertarungan untuk mengklaim nama pengguna di WhatsApp akan segera dimulai!"

Berita itu muncul tak lama setelah WhatsApp meluncurkan tombol Edit yang memungkinkan Anda mengubah pesan hingga 15 menit setelah mengirimnya.

"Dari mengoreksi kesalahan eja sederhana hingga menambahkan konteks ekstra ke pesan, kami senang memberi Anda lebih banyak kontrol atas obrolan Anda," kata WhatsApp.

Untuk menggunakan alat ini, tekan lama pada pesan terkirim dan pilih 'Edit' dari menu. Pesan yang diedit akan menampilkan 'diedit' di sampingnya, jadi teman Anda akan mengetahui koreksi tersebut, meskipun mereka tidak dapat melihat riwayat suntingan.

"Seperti halnya semua pesan pribadi, media, dan panggilan, pesan Anda dan pengeditan yang Anda lakukan dilindungi oleh enkripsi end-to-end," tambah WhatsApp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement