Senin 22 May 2023 16:42 WIB

Wajan Hitam karena Makanan Gosong? Bersihkan dengan 4 Cara Ini

Wajan yang menghitam dapat dibersihkan dengan beberapa cara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Wajan hitam akibat makanan yang gosong tetap dapat dibersihkan dengan beberapa cara seperti menggunakan lemon dan garam/ilustrasi
Foto: Unsplash
Wajan hitam akibat makanan yang gosong tetap dapat dibersihkan dengan beberapa cara seperti menggunakan lemon dan garam/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Panci yang gosong adalah hasil dari memasak dengan api yang terlalu tinggi. Tapi daripada membuangnya, dilansir dari Express, Senin (22/5/2023), panci dapat dibersihkan hanya dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Air mendidih

Baca Juga

Menggunakan air mendidih adalah teknik langsung yang bekerja dengan sangat baik untuk mengeluarkan makanan yang gosong dari wajan. Cukup letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api, jika sudah cukup panas untuk mendesis, tuangkan airnya, dan gunakan sendok kayu atau spatula untuk mengikis sisa gosong yang telah mengendur.

 

 

2. Garam

Setelah wajan mendingin, taburkan garam tebal di atas area yang terbakar dan gunakan spons basah untuk menggosok. Bilas dan ulangi sesuai kebutuhan.

 

3. Lemon

Lemon adalah produk pembersih non-toksik populer yang sangat baik karena sifat antibakteri dan asamnya. Lemon juga memberikan aroma yang menyegarkan sehingga menjadi pilihan tepat untuk membersihkan panci yang gosong.

Potong tiga atau empat lemon menjadi empat bagian dan masukkan ke dalam banyak air di dalam panci dan didihkan.

Kecilkan api dan biarkan lemon mendidih selama sekitar 10 menit, dan makanan yang gosong akhirnya akan mengapung ke permukaan. Buang air dan lemon, bilas dan bersihkan sisa gosong yang tersisa.

 

4. Mencuci cairan dan cuka putih

Lindsay alias Dazlin Cleaning, membagikan tipsnya membersihkan panci gosong di akun Instagram miliknya. “Tambahkan air mendidih ke dalam panci, lalu sedikit cairan pembersih dan setengah cangkir cuka putih. Biarkan panci terendam selama 10 menit, tetapi pastikan airnya tidak menjadi dingin,” kata dia.

“Tuang air dengan hati-hati dan kalian akan terkejut melihat berapa banyak minyak dan residu yang telah terangkat dengan sedikit usaha itu,” papar dia menambahkan.

Dalam hal penggosok terbaik untuk digunakan, penggosok antigores sangat bagus untuk panci antilengket karena memiliki permukaan penggosok khusus, yang sama sekali berbeda dengan penggosok antigores biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement