Sabtu 20 May 2023 17:41 WIB

Hati-Hati Ada Aplikasi ChatGPT 'Palsu' di Ponsel, Hapus Sekarang Juga

Banyak pihak ingin memanfaatkan popularitas ChatGPT dan mendapat untung darinya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
ChatGPT (ilustrasi). Aplikasi ChatGPT palsu terus tersedia di iPhone dan Android
Foto: www.freepik.com
ChatGPT (ilustrasi). Aplikasi ChatGPT palsu terus tersedia di iPhone dan Android

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi ChatGPT terus menjadi sensasi teknologi. Kecerdasan buatan (AI) generatif dasar tersedia secara gratis bagi siapa saja yang ingin menggunakannya.

Tetapi banyak pihak ingin memanfaatkan popularitas ChatGPT dan mendapat untung darinya. Dilansir laman BGR pada Jumat (19/5/2023), aplikasi ChatGPT "palsu" terus tersedia di iPhone dan Android, menuntut langganan berbayar untuk akses ke ChatGPT.

Baca Juga

Perusahaan keamanan Sophos merinci beberapa aplikasi seluler yang disebut “FleeceGPT” yang mungkin tersedia di App Store dan Google Play. Perusahaan tersebut mengatakan dalam posting blog bahwa ia melihat lonjakan aplikasi seluler fleeceware yang mengeklaim koneksi ke ChatGPT. Aplikasi ini memiliki perilaku berikut, sebagaimana dirinci oleh Sophos:

Pertama, fungsionalitasnya tersedia secara gratis melalui OS seluler itu sendiri atau sumber online lainnya. Kedua, mereka mendorong pengguna untuk mendaftar dalam uji coba gratis singkat yang mengubah biaya berlangganan berulang yang tinggi untuk mendapatkan uang dari pengguna yang tidak menaruh curiga. Ketiga, mereka menggunakan iklan yang mengganggu dan fitur lain untuk membuat versi gratis hampir tidak dapat digunakan dan mendorong pengguna untuk berlangganan.

 

Pada dasarnya, aplikasi adalah portal tempat Anda dapat mengakses ChatGPT, dan BGR telah melihat aplikasi ChatGPT asli untuk iPhone yang menawarkan fungsi tersebut secara gratis atau dengan berlangganan. Tetapi aplikasi fleeceware menyediakan akses terbatas ke ChatGPT, dan mengharuskan pengguna membeli langganan untuk mengaktifkan fungsionalitas penuh aplikasi.

Sophos mengidentifikasi aplikasi ChatGPT palsu berikut yang sebaiknya Anda hindari. Aplikasi ini mungkin tersedia di Android, iPhone, atau keduanya.

-Chat GBT

-GAI Assistant

-AI Chat GBT—Open Chatbot App

-I Chat – Chatbot AI Assistant

-Genie AI Chatbot

-AI Chatbot – Open Chat Writer

Dari semua aplikasi ini, Genie AI Chatbot berfungsi hampir seperti yang diiklankan. “Tidak seperti yang lain, Genie benar-benar bekerja pada sesuatu yang mendekati fungsionalitas penuh yang diiklankan tanpa uji coba atau langganan, tetapi hanya menerima empat kueri per hari. "Ini kemudian meminta pengguna dengan penawaran uji coba lagi,” jelas perusahaan keamanan itu.

Tetapi aplikasinya terbatas tanpa berlangganan tujuh dolar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp 104.335 per pekan atau 70 dolar AS (sekitar  Rp 1.043.360) per tahun. BGR sebelumnya telah menyertakan Genie dalam daftar aplikasi ChatGPT untuk iPhone. Tampaknya aplikasi tersebut tidak sepenuhnya seperti yang BGR pikirkan, dan ini semakin membuktikan poin yang dibuat sebelumnya. Yakni, Anda harus selalu memeriksa ulang apakah aplikasi dan ekstensi ChatGPT berasal dari sumber terpercaya.

Cara berhenti membayar aplikasi ChatGPT palsu

Bahkan jika Google dan Apple menghapus semua aplikasi ChatGPT palsu, mereka akan tetap berfungsi di perangkat Anda jika Anda telah menginstalnya. Mereka masih akan mendapatkan uang jika Anda membayar untuk akses premium.

Berikut cara berhenti membayar langganan ChatGPT di iPhone:

-Buka aplikasi Pengaturan  

-Ketuk nama Anda

-Ketuk Langganan

-Ketuk Batalkan Langganan. Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan tombol Batalkan Langganan.

-Jika tidak ada tombol Batal atau Anda melihat pesan kedaluwarsa dalam teks berwarna merah, langganan sudah dibatalkan.

-Instruksi berasal dari halaman dukungan Apple dan berlaku untuk semua langganan aplikasi, bukan hanya aplikasi ChatGPT.

 

Berikut adalah instruksi Google untuk menghapus langganan aplikasi di perangkat Android:

-Buka langganan Anda di aplikasi Google Play.

-Pilih langganan yang ingin Anda batalkan.

-Ketuk Batalkan langganan.

-Ikuti petunjuk.

Anda juga harus membaca laporan lengkap Sophos tentang aplikasi ChatGPT palsu di tautan ini, karena tautan ini menjelaskan secara detail perilaku aplikasi fleeceware ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement