Rabu 17 May 2023 13:37 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini Kiat Tentukan Provider Internet yang Tepat

Internet menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia.

Internet telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Untuk itu perlu ada strategi tersendiri untuk memilih provider internet yang tepat.  (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Internet telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Untuk itu perlu ada strategi tersendiri untuk memilih provider internet yang tepat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Internet kini merupakan kebutuhan esensial bagi banyak orang pada era digital. Menurut laporan We Are Social dan Meltwater berjudul "Digital 2023" diketahui sekitar 77 persen populasi Indonesia atau 212,9 juta orang menggunakan internet dengan rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 7 jam 42 menit per hari.

Hal ini menunjukkan betapa internet telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, apakah Anda sudah yakin dengan provider internet yang kamu gunakan?

Baca Juga

Berikut lima kiat untuk memilih provider internet dari First Media dikutip dari siaran persnya.

1.Cek kecepatan internet

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah provider internet sudah tepat adalah dengan melakukan cek kecepatan internet.

Pengetesan ini bisa dilakukan dengan menggunakan situs web speed test online seperti Speedtest by Ookla atau Fast.com.

Dengan melakukan tes kecepatan ini, Anda dapat mengetahui apakah kecepatan internet yang diberikan oleh provider sudah sesuai dengan yang dijanjikan.

Namun, perlu diingat bahwa kecepatan internet bergantung pada beberapa faktor seperti salah satunya seberapa banyak perangkat yang terkoneksi internet di rumah.

Contohnya, jika ada dua pengguna aktif internet di rumah dengan menggunakan 3-4 perangkat, kecepatan hingga 30 Mbps sudah sangat cukup untuk melakukan browsing dan streaming.

Namun, jika ada lebih dari empat perangkat, tentunya memerlukan kecepatan akses internet yang lebih tinggi lagi untuk melakukan kegiatan di dunia maya.

 

2. Cek stabilitas koneksi

Ketika memilih provider internet, tidak hanya kecepatan yang perlu dipertimbangkan, tetapi stabilitas koneksi internet juga menjadi faktor krusial.

Untuk menguji stabilitas koneksi internet yang diberikan oleh provider internet, secara mandiri Anda bisa mencoba melakukan video streaming atau download file berukuran besar selama beberapa hari atau bahkan minggu, dan mencatat apakah koneksi internet sering terputus atau tidak.

Selain itu, pengguna layanan internet juga bisa melakukan tes sendiri menggunakan aplikasi gratis seperti Ping dan Tracert atau situs web, seperti Internet Health Test atau Ping Can Be Useful.

 

3. Perhatikan biaya dan pilihan produk

Memilih provider internet yang tepat tidak hanya sebatas mempertimbangkan kualitas koneksi internet, tetapi juga faktor biaya dan produk yang ditawarkan.

Setiap provider internet biasanya menawarkan berbagai pilihan paket dengan harga yang variatif.

Oleh karena itu, sebelum memilih provider internet yang tepat, sebaiknya pertimbangkan bujet yang dimiliki terlebih dahulu lalu baru putuskan paket mana yang akan memenuhi kebutuhan Anda.

 

4. Cermat dalam Melihat Review

Untuk mendapat informasi yang lebih akurat tentang provider internet mencari referensi dari orang-orang sekitar dan membaca review di media sosial, forum diskusi, atau situs-situs review internet menjadi penting.

Agar lebih akurat, lakukan proses verifikasi dengan mencoba menggunakan beberapa provider internet untuk merasakan langsung kualitas layanan yang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya langsung kepada orang-orang terdekat atau mengunjungi website resmi masing-masing provider internet untuk memperoleh informasi yang lebih detail.

Ingatlah bahwa ulasan yang diberikan oleh pengguna internet dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga anda perlu melakukan cross check dan melakukan proses verifikasi sendiri sebelum memutuskan untuk berlangganan.

 

5. Pelayanan Pelanggan

Pelayanan pelanggan yang baik merupakan faktor penting yang perlu diperhitungkan dalam memilih provider internet.

Hal ini disebabkan Anda akan sering berinteraksi dengan provider internet dalam hal informasi produk dan layanan, pembayaran tagihan, atau ketika terjadi masalah teknis.

Provider internet yang memiliki pelayanan pelanggan yang baik selain memastikan bahwa kita mendapatkan bantuan yang cepat dan efektif, mereka juga akan mendengarkan dan memperhatikan pelanggannya agar dapat memberikan kebutuhan yang sesuai.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement