Selasa 16 May 2023 14:06 WIB

TikTok Luncurkan Mesin Pencarian Bagi Pengguna iPhone

TikTok menggandakan statusnya sebagai mesin pencari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
TikTok telah mengisyaratkan keinginannya untuk diakui sebagai mesin pencari.
Foto: AP Photo/Michael Dwyer
TikTok telah mengisyaratkan keinginannya untuk diakui sebagai mesin pencari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mesin pencarian TikTok telah tersedia untuk pengguna iPhone, memberi jalan pintas untuk memudahkan pencarian. Tanpa perlu membuka aplikasi lalu mengklik tombol pencarian, pengguna hanya perlu mengklik widget saja.

Cukup dari widget, pengguna akan secara otomatis dibawa ke layar pencarian TikTok. Hal ini membuat pengguna hanya membutuhkan waktu lima detik, serta menunjukkan bahwa TikTok menggandakan statusnya sebagai mesin pencari.

Baca Juga

Dilansir dari Mashable, Selasa (16/5/2023), salah seorang Gen Z mengatakan bahwa ia menggunakan TikTok untuk menemukan resep, rekomendasi perjalanan, dan olahraga.

TikTok telah mengisyaratkan keinginannya untuk diakui sebagai mesin pencari, lewat iklan yang ditayangkan di Inggris awal tahun ini. Iklan tersebut menampilkan slogan, ‘Cari dengan TikTok’.

Dan sekarang dengan peluncurannya yang dilakukan secara diam-diam, TikTok bersaing dengan widget pencarian Google.

Penekanan TikTok sebagai mesin pencarian ini muncul setelah Wakil Presiden Senior Google yang juga bertanggung jawab atas mesin pencarian Google, Prabhakar Raghavan, berbagi sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaannya pada musim panas lalu.

Studi tersebut menemukan bahwa 40 persen anak usia 18 hingga 24 tahun di Amerika Serikat, menggunakan TikTok atau Instagram untuk menelusuri tempat makan siang terbaik dan jarang sekali yang memilih melakukan penelusuran lewat Google.

TikTok juga menjadi tempat semua orang mencari berita. Sebuah survei yang dilakukan musim panas lalu oleh Ofcom, menemukan bahwa TikTok adalah sumber berita yang berkembang pesat di kalangan orang dewasa Inggris.

Tetapi penelitian yang dilakukan oleh News Guard akhir tahun lalu, menemukan bahwa mesin pencarian TikTok menunjukkan informasi yang salah hampir 20 persen. Untuk dianggap serius sebagai mesin pencari, TikTok perlu mengatasi masalah penyimpangan informasi yang masih merajalela.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement