Senin 15 May 2023 17:01 WIB

Jebolan Pesantren Dea Malela Harus Lanjutkan Studi ke Jenjang Lebih Tinggi

Puluhan kiai FPAG menghadiri wisuda Pesantren Dea Malela Sumbawa.

Pendiri Pesantren Dea Malela mengapresiasi wisudawan
Foto: Dea Malela
Pendiri Pesantren Dea Malela mengapresiasi wisudawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan kiai yang tergabung dalam Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) menghadiri acara wisuda SMP dan SMA PMI Dea Malela Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Senin pagi (15/5), bertempat di auditorium PMI Dea Malela, acara tersebut dihadiri oleh Pengasuh Prof KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, ratusan wali santri wisudawan dan wisudawati, dan santri.

Sejumlah 15 santri dan 11 santriwati diwisuda pada pagi hari itu, mereka akan terjun ke masyarakat. Mereka menempuh studi selama tiga hingga enam tahun di SMA pesantren yang menginduk kepada Muadalah KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut.

Baca Juga

Sebagian siswa optimistis dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri. Ada yang sudah apply mendaftar studi ke Yale University, Fathoni University, Universitas Dakwah di Tripoli Libya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya. Karena mereka memiliki bekal yang sangat baik dari PMI Dea Malela, mereka dibiasakan menggunakan bahasa arab dan juga bahasa inggris.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Nusa Tenggara Barat  Aidy Furqan menyampaikan, PMI Dea Malela ini adalah sekolah terbaik dan kreatif di NTB. Banyak siswa lulusan Dea Malela berkhidmah di masyarakat dan melanjutkan studi ke sekolah bergengsi baik dalam maupun luar negeri. Pihaknya bersyukur atas adanya PMI Dea Malela yang meningkatkan kualitas pendidikan di NTB.

Sambutan dilanjutkan oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Mahmud Abdullah. Dia menyampaikan selamat datang untuk para Kiai yang telah hadir di Sumbawa ini. Dia juga mengapresiasi PMI Dea Malela atas seluruh pendidikan yang diberikan kepada para santri dan santriwatinya. 

"Kami berharap Dea Malela meneruskan segala kebaikannya dan selalu menghadirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas," katanya.

Beberapa sambutan dari tokoh nasional dan internasional juga memberikan pesan dan nasihatnya untuk para santri dan santriwati PMI Dea Malela untuk menambah semangat dan juga menambah wawasan mereka untuk terjun ke masyarakat kelak.

Pengasuh PMI Dea Malela Prof. K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D., mengungkapkan kesyukurannya atas kehadira para kiai yang tergabung dalam FPAG dalam acara wisuda PMI Dea Malela pada hari itu, dan beliau menekankan kepada para wisudawan dan wisudawati untuk selalu berdisiplin, menjaga akhlak, dan juga selalu mengamalkan apa yang mereka dapat di PMI Dea Malela untuk terjun ke masyarakat kelak, beliau juga menyampaikan untuk selalu menekankan kualitas dibanding kuantitas.

Acara kemudian ditutup dengan doa, perfotoan bersama, dan penampilan dari para wisudawan dan wisudawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement