Kamis 11 May 2023 08:00 WIB

4 Cara Belajar Lebih Menyenangkan dengan ChatGPT

Ada kiat sendiri untuk para guru yang ingin menggunakan ChatGPT di kelas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 ChatGPT dapat diintegrasikan ke dalam aktivitas kelas yang menyenangkan dan menarik dengan mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan berpikir di luar kotak untuk menghasilkan jawaban terbaik. ./ilustrasi
Foto: Unsplash
ChatGPT dapat diintegrasikan ke dalam aktivitas kelas yang menyenangkan dan menarik dengan mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan berpikir di luar kotak untuk menghasilkan jawaban terbaik. ./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Karena penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan semakin umum, para pendidik berjuang untuk memastikan bahwa siswa mereka tidak mengeksploitasi aplikasi bertenaga AI seperti ChatGPT untuk menipu atau menjiplak.

Jun Wei, seorang dosen di PSB Academy di Singapura, telah meneliti penerapan AI dalam pendidikan dan memiliki beberapa tip praktis bagi para pendidik yang ingin mengimplementasikan ChatGPT di kelas mereka.

Baca Juga

1. Tetapkan aturan dasar.

Pertama, Jun Wei merekomendasikan untuk menetapkan aturan dasar untuk menggunakan ChatGPT dan meminta siswa menunjukkan referensi untuk jawaban yang mereka terima dari bot.

Menurut dia, Anda dapat menggunakan tindakan balasan alias alat pendeteksi AI, tetapi tidak selalu efektif. Sebagai gantinya, seperti bagaimana kutipan diamanatkan untuk mengambil referensi dari karya orang lain, tetapkan aturan dasar yang serupa untuk ChatGPT.

"Lebih baik lagi, minta siswa untuk memberikan referensi untuk jawaban yang mereka dapatkan dari bot untuk membangun kredibilitas informasi. Platform ini tidak 100 persen aman, dan masih mengharuskan pengguna untuk memeriksa fakta keluarannya," katanya seperti dilansir dari laman Sea Mashable, Kamis (11/5/2023). Ini akan membantu dalam membangun kredibilitas informasi dan mencegah plagiarisme.

2. Jadikan pendidikan menyenangkan dengan ChatGPT.

Jun Wei juga mengusulkan untuk menggabungkan ChatGPT ke dalam aktivitas kelas yang menyenangkan dan menarik dengan mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan berpikir di luar kotak untuk menghasilkan jawaban terbaik. "Balik ruang kelas. Libatkan siswa dalam percakapan aktif," ujarnya.

Minta mereka menggunakan ChatGPT untuk meneliti topik baru dan mendiskusikannya di kelas dan biarkan mereka mengarahkan pengajaran untuk perubahan. Atau mengubahnya menjadi aktivitas kelas yang menyenangkan dan menarik. Biar siswa untuk bereksperimen dan berpikir sendiri untuk menghasilkan jawaban terbaik.

Melakukan hal ini akan membantu berkontribusi pada pembelajaran yang lebih partisipatif dan kolaboratif.

 

3. Ubah cara pelaksanaan ujian.

Alih-alih ujian konvensional, Jun Wei menganjurkan tes yang diawasi atau tugas dibawa pulang dengan skema penilaian yang ketat untuk ujian.

"Untuk ujian kualifikasi penting, ujian yang diawasi harus menjadi pilihan," katanya menambahkan.

Ia mengatakan, tugas dibawa pulang juga dapat diambil untuk beberapa modul, tetapi dengan skema penilaian yang kaku. ChatGPT tidak cukup pintar untuk menghasilkan jawaban berkualitas tinggi dan benar secara faktual setiap waktu, sehingga penilaian yang lebih ketat akan mendorong siswa untuk memberikan jawaban mereka di luar apa yang disediakan bot.

Ini akan membantu untuk memastikan bahwa siswa tidak sepenuhnya bergantung pada ChatGPT untuk menghasilkan jawaban yang benar dan berkualitas tinggi.

 

4. Ganti tes tertulis dengan tes lisan

Terakhir, Jun Wei menyarankan agar tes tertulis diganti dengan tes lisan jika memungkinkan. “Jika memungkinkan, ganti tes tertulis dengan tes lisan. Jadi, daripada mengandalkan ChatGPT, siswa harus memanfaatkan ingatan dan pemahaman mereka untuk mendapat nilai,” katanya, seraya menambahkan bahwa ini juga menciptakan lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk melatih komunikasi verbal mereka.

Pada akhirnya, menurut dia, ChatGPT hanyalah alat lain, yang mempersiapkan siswa untuk dunia yang menanti mereka. Dengan popularitasnya yang meningkat, hanya masalah waktu sampai digunakan oleh semua orang di mana saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement