Sabtu 06 May 2023 20:35 WIB

Komitmen Apliksi Pendukung Pertumbuhan UMKM dan Kesejahteraan Karyawan Ini Terus Menguat

Sepanjang tahun itu, Venteny menyalurkan growth funding sebesar Rp 1,2 triliun.

Aplikasi yang mendukung pertumbuhan UMKM Tanah Air.
Foto: Dok. Web
Aplikasi yang mendukung pertumbuhan UMKM Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, telah mwnyatakan UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hampir sebesar 61% dengan menyerap 97% tenaga kerja. Pertumbuhan UMKM menjadi salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia pasca Covid-19. 

Hal ini disebut sejalan dengan visi dan misi Venteny untuk dapat menjadi bagian dari perkembangan UMKM Indonesia.

Baca Juga

Peningkatan penyaluran growth funding ke para pelaku UMKM pun memengaruhi pertumbuhan pendapatan yang dicatatkan Venteny sepanjang 2022 lalu. 

Hal ini berbanding lurus dengan pertumbuhan UMKM di Tanah Air. 

Sepanjang tahun itu, Venteny menyalurkan growth funding sebesar Rp 1,2 triliun, ini meningkat 64 persen dari tahun 2021 sebesar Rp 765 miliar. 

Imbasnya, pendapatan sepanjang tahun tersebut meningkat 83 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi Rp 73 miliar.

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, Venteny juga mencatatkan peningkatan laba dari Rp 3,6 miliar di tahun 2021 menjadi Rp 5,5 miliar di tahun 2022 (sebelum pajak). 

Saat ini, layanan Venteny telah tersebar di berbagai wilayah, meliputi Pulau Jawa, Lampung, Sumatra Selatan, dan sebagian Kalimantan. Venteny juga berkomitmen untuk memperluas layanannya di Indonesia serta Asia Tenggara untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan perekonomian terutama di Indonesia.

“Pencapaian positif selama beroperasi di Indonesia, tidak lepas dari konsistensi untuk selalu memberikan pelayanan prima dan menjadi solusi untuk seluruh mitra bisnis kami. Kami menyediakan end-to-end solution untuk para pemilik usaha dan UMKM mulai dari growth funding untuk pertumbuhan usaha hingga peningkatan kesejahteraan sumber daya manusia melalui aplikasi VENTENY Employee Super-app.” ujar Jun Waide selaku pendiri dan Group CEO VENTENY, seperti dilansir pada Sabtu (6/5/2023).

Selain itu, pihakknya juga memenuhi permintaan dari komunitas karyawan dengan memberikan solusi melalui Venteny Employee Super-app yang diluncurkan pada 2021. Layanan tersebut terdiri dari layanan Financial Technology, Education Technology, Lifestyle Technology, dan Health Technology. 

Pendapatan dari layanan VENTENY Employee Super-app berkontribusi terhadap 13% dari total pendapatan di tahun 2022, dan mencatatkan peningkatan sebesar 397% dari Juni 2022.  Terdapat lebih dari 50 ribu pengguna aktif yang menggunakan aplikasi setiap bulannya yang terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan UMKM dan pelaku bisnis yang bekerjasama dengan Venteny.

“Kami yakin apapun yang kami kerjakan harus memberikan dampak besar keada aspek people, planet, dan profit yang menjadi bagian dari fokus kami dalam ESG (Environment Social Governance) sehingga kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberdayakan UMKM dan karyawan untuk mengurangi financing gap yang secara tidak langsung juga akan berdampak positif terhadap stabilitas dan kinerja bisnis Venteny di masa depan.”

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement