Jumat 05 May 2023 16:24 WIB

Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah Inginkan Duet Ganjar-Cak Imin: Paling Ideal

Beberapa kalangan masih menghendaki duet nasionalis-religius pada pilpres nanti.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Massa Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah membentangkan spanduk aspirasi dukungan duet Ganjar-Muhaimin, di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/5).
Foto: Bowo Pribadi
Massa Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah membentangkan spanduk aspirasi dukungan duet Ganjar-Muhaimin, di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ratusan massa yang mengatasnamakan Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah menyuarakan aspirasi terkait siapa sosok yang pantas dipasangkan dengan Ganjar Pranowo, pada ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurut mereka, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merupakan figur yang ideal untuk dipasangkan dengan bakal calon presiden Ganjar Pranowo, sekaligus untuk menjawab pendapat beberapa kalangan yang masih menghendaki duet nasionalis-religius pada pilpres nanti.

“Kami melihat, duet ‘Ganjar-Muhaimin’ merupakan simbol nasionalis-religius yang paling tepat untuk pilpres nanti,” ungkap Muhamad Arifin, koordinator lapangan Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah, kepada awak media, di Semarang, Jumat (5/5/2023).

Menurut Arifin, aspirasi duet Ganjar- Muhaimin yang disampaikannya tersebut sama sekali tidak mengatasnamakan kepentingan atau karena afiliasi aliansi kepada partai politik (parpol) tertentu.

Namun murni merupakan aspirasi yang muncul dari kalangan ‘wong cilik’, dalam hal ini suara-suara dari para buruh tani, kaum nelayan, nelayan tambak, serta dari pekerja/buruh lepas.

“Jadi apa yang menjadi keinginan kami ini bukan karena dibayar untuk kepentingan atau ‘pesanan’ dari parpol tertentu, tetapi murni merupakan suara dari arus bawah yang memang menghendaki agar Pak Ganjar diduetkan dengan Cak Imin,” tegasnya.

Arifin juga mengungkapkan mengapa aspirasi ini disampaikan, satu alasannya karena Ganjar Pranowo dinilai merupakan sosok atau figur nasionalis yang cukup dekat dengan rakyat (merakyat).

Sedangkan Cak Imin merupakan warga Nahdliyin yang saat ini pantas untuk mewakili sosok pemimpin yang religius. “Maka, kami melihat duet Ganjar-Muhaimin ini sangat tepat untuk maju pada Pilpres 2024 nanti,” kata dia.

Semetara itu penyampaian aspirasi ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Wong Cilik ini dilaksanakan di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, tepatnya di jalan protokol depan kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jateng.

Massa yang berjumlah sekitar 100 orang ini juga mengusung spanduk bertuliskan ‘Ganjar (Nasionalis)- Muhaimin (Religius) – Capres dan Cawapres Indonesia 2024’ yang juga menampilkan foto kedua tokoh tersebut.

Mereka juga mengenakan atribut kaos bergambar foto Ganjar Pranowo yang disandingkan dengan foto Muhaimin Iskandar yang bertuliskan Aliansi Wong Cilik Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement