Jumat 05 May 2023 15:08 WIB

Alasan Anda Perlu Instal iOS 16.4.1

Apple menjanjikan waktu penyelesaian yang lebih cepat untuk patch keamanannya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan sebutan iOS 16.4.1 (a), ini adalah pembaruan keamanan jenis pertama yang harus segera Anda instal./ilustrasi
Foto: EPA/Shawn Thew
Dengan sebutan iOS 16.4.1 (a), ini adalah pembaruan keamanan jenis pertama yang harus segera Anda instal./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dengan debut macOS Ventura dan iOS, Apple menjanjikan waktu penyelesaian yang lebih cepat untuk patch keamanannya. Apple baru saja merilis pembaruan Rapid Security Response pertama untuk semua perangkat yang menjalankan versi iOS terbaru. Dengan sebutan iOS 16.4.1 (a), ini adalah pembaruan keamanan jenis pertama yang harus segera Anda instal.

Sebagai pembaruan khusus keamanan, iOS 16.4.1 (a) berisi perbaikan penting yang mengatasi kerentanan serius iPhone. Namun, Apple tidak memberikan info mendetail terkait masalah apa yang diperbaiki pembaruan tersebut. Halaman dukungan resmi menawarkan beberapa deskripsi dasar. Kemungkinan Apple masih berupaya meletakkan detail di halaman atau perbaikannya mungkin terlalu sensitif.

Baca Juga

Dilansir GizChina, Jumat (5/5/2023), rilis iOS 16.4.1 (a) datang hanya beberapa pekan setelah rilis iOS 16.4.1. Pembaruan tersebut telah memperbaiki dua masalah keamanan yang sudah lama digunakan dalam serangan. Karena Apple tidak memberi label pembaruan sebagai iOS 16.4.2, itu mengisyaratkan bahwa perusahan mengubah strateginya.

Seperti disebutkan sebelumnya, iOS 16.4.1 (a) adalah bagian dari rencana Rapid Security Response yang bertujuan untuk memperbaiki kerentanan sesegera mungkin. Meskipun dimungkinkan untuk menonaktifkan pembaruan ini, pembaruan tampaknya penting untuk memperbaiki kelemahan celah keamanan suatu perangkat lunak yang tidak diketahui pengembangnya atau zero-day.

Biasanya, penyerang menyukai kelemahan semacam ini karena memungkinkan mereka mendapatkan akses mudah ke data. Jadi, jika Anda tidak memperbarui perangkat Anda ke iOS 16.4.1 (a), ponsel Anda akan segera penuh dengan malware. Saat ini, pembaruan tersedia di bagian Pembaruan Perangkat Lunak seperti biasa. Namun, MacRumors mengatakan Apple menerapkan perbaikan selama 48 jam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement