Jumat 05 May 2023 17:17 WIB

Cuan dengan Toko Daring, Cek 5 Kiat Suksesnya

Memilih platform harus yang sesuai dengan produk yang akan dijual serta target pasar.

Untuk meraih keuntungan lewat toko daring, tidak ada salahnya pedagang memahami beberapa fitur unik dalam platform e-commerce.    /Ilustrasi
Foto: http://fathconsulting.co.id
Untuk meraih keuntungan lewat toko daring, tidak ada salahnya pedagang memahami beberapa fitur unik dalam platform e-commerce. /Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk meraih keuntungan lewat toko daring, tidak ada salahnya pedagang memahami beberapa fitur unik dalam platform e-commerce. 

Chief Operating Regional ACSB Jawa Timur Muhajir Sulthonul Aziz mengungkapkan satu contohnya adalah fitur live chat (bertanya) yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan agen layanan pelanggan secara langsung.

Baca Juga

Lalu ada pula fitur personalisasi yang memungkinkan platform e-commerce untuk menyesuaikan pengalaman pengguna sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, ada juga fitur program loyalitas yang memberikan penghargaan kepada pelanggan setia dengan diskon, pengiriman gratis, atau hadiah lainnya.

Sekretaris Jenderal Indonesian Association for Public Administration Bevaola Kusumasari dalam siaran pers juga mengatakan terdapat sejumlah tips penting agar sukses berbisnis secara daring.

Pertama, pilihlah platform yang tepat. Memilih platform harus yang sesuai dengan produk yang akan dijual, target pasar, dan kemampuan penjual.

Kedua, penyajian produk yang menarik, seperti menyediakan foto produk yang berkualitas tinggi, deskripsi yang jelas dan informatif, serta harga yang kompetitif.

“Ketiga adalah optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) bahwa pentingnya memahami SEO dan mengoptimalkannya agar produk mudah ditemukan oleh calon pembeli melalui mesin pencari,” ucap Bevaola.

Bevaola juga mengingatkan pentingnya mengenal target pasar. Menurut dia, pengenalan target pasar akan membantu menyesuaikan penawaran produk dan strategi pemasaran agar lebih efektif.

Terakhir, menurut dia, menyusun rencana bisnis juga penting, mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang, strategi pemasaran, dan analisis kompetitor. Rencana itu dinilai akan membantu untuk tetap fokus dan mengukur kemajuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement