Jumat 05 May 2023 14:09 WIB

Rahasia Sukses Raih Cuan dengan Bisnis Online

Butuh etika dan sopan santun di antara penjual dan pembeli toko online.

Salah satu kiat sukses dalam berjualan daring adalah menjaga etika sopan santun, baik bagi penjual maupun pembeli.   (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Andy Wong
Salah satu kiat sukses dalam berjualan daring adalah menjaga etika sopan santun, baik bagi penjual maupun pembeli. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Salah satu kiat sukses dalam berjualan daring adalah menjaga etika sopan santun, baik bagi penjual maupun pembeli.

"Alasan penerapan etika dalam jual beli online adalah demi citra perusahaan (penjual) dan reputasinya, menciptakan ruang digital yang nyaman dan ramah, serta demi keberlangsungan bisnis itu sendiri,” ucap Dosen Universitas Telkom yang juga relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia Dudi Rustandi dalam lokakarya “Sukses Meraih Cuan dari Online Shop” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) di Jawa Barat, dalam siaran pers.

Baca Juga

Dudi mengatakan dalam berbisnis di e-commerce, dibutuhkan etika atau sopan santun yang harus dipegang teguh oleh penjual maupun pembeli.

Khusus untuk penjual, mereka haruskan bersikap sopan kepada pembeli. Misalnya, senantiasa menjawab semua pertanyaan yang diajukan pembeli, menyapa pembeli dengan kata yang sopan dan santun, serta tidak menyalahgunakan data pembeli.

Sementara itu, Chief Operating Regional ACSB Jawa Timur Muhajir Sulthonul Aziz, yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, mengatakan kiat lainnya agar sukses berjualan daring adalah dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing platform e-commerce yang digunakan.

"Ada platform yang menawarkan banyak potongan harga, tetapi, deskripsi barang yang dijual oleh pedagang amat minim. Ada juga platform yang kebijakan pengembaliannya mudah dan bisa diandalkan, namun, harga barangnya relatif lebih mahal,” kata Muhajir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement