Selasa 02 May 2023 04:12 WIB

TikTok Mulai Uji Coba Fitur Membuat Avatar

Fitur baru TikTok ini mengandalkan teknologi kecerdasan buatan.

Aplikasi berbagi video singkat, TikTok, dikabarkan tengah menguji coba fitur baru untuk layanannya dapat membuat avatar dengan mengandalkan kecerdasan buatan (AI)./ilsutrasi
Foto: EPA-EFE/Bo Amstrup
Aplikasi berbagi video singkat, TikTok, dikabarkan tengah menguji coba fitur baru untuk layanannya dapat membuat avatar dengan mengandalkan kecerdasan buatan (AI)./ilsutrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi berbagi video singkat, TikTok, dikabarkan tengah menguji coba fitur baru untuk layanannya dapat membuat avatar dengan mengandalkan kecerdasan buatan (AI).

Fitur itu pertama kali diungkap oleh konsultan sosial media Matt Navarra lewat twitternya @MattNavarra.

Baca Juga

Dalam unggahan yang dibagikan Matt , terlihat avatar yang dimaksud berbeda dari tampilan avatar 3D seperti bitmoji di Snapchat atau Avatar Instagram.

Matt mengatakan fitur AI Avatars yang dikembangkan TikTok itu nantinya akan bekerja setelah pengguna memilih 3-10 foto diri untuk kemudian diubah menjadi avatar.

Ada sekitar lima gaya berbeda yang dipilih pengguna untuk membuat avatar dengan bantuan AI tersebut.

Dalam beberapa menit, AI akan memproses permintaan tersebut dan menyuguhkan sebanyak 30 avatar yang bisa dipilih pengguna. Pengguna bisa mengunduh satu atau bahkan beberapa avatar lainnya ke ponselnya.

Dalam masa uji coba itu jelas hanya beberapa orang yang bisa mencoba fitur ini, bahkan pengguna hanya bisa menggunakan fitur tersebut sekali dalam sehari.

Batasan lainnya yang ditentukan TikTok untuk penggunaan fitur ini ialah foto yang melanggar "Pedoman Komunitas" tidak dapat digunakan untuk membuat avatar.

Lalu foto yang diunggah akan dimoderasi oleh sistem moderasi konten aplikasi.

TikTok akan menghapus semua foto yang diunggah pengguna setelah beberapa saat.

Karena masih dalam masa uji coba, ada kemungkinan fitur ini tidak rilis. Namun apabila dirilis mungkin saja akan ada peningkatan yang dibawa saat diluncurkan secara global.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement