Kamis 27 Apr 2023 12:52 WIB

Telegram Luncurkan Fitur Baru, Apa Saja?

Fitur baru Telegram meliputi folder yang dapat dibagikan hingga wallpaper khusus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Aplikasi perpesanan instan Telegram telah meluncurkan pembaruan yang kaya akan fitur baru untuk penggunanya.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Aplikasi perpesanan instan Telegram telah meluncurkan pembaruan yang kaya akan fitur baru untuk penggunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi perpesanan instan Telegram telah meluncurkan pembaruan yang kaya akan fitur baru untuk penggunanya. Fitur-fitur baru itu meliputi folder yang dapat dibagikan, wallpaper khusus, dan lainnya. Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip Gadgets Now, Kamis (27/4/2023):

1.Folder obrolan yang dapat dibagikan​

Baca Juga

Dengan pembaruan terbaru, pengguna sekarang dapat berbagi folder obrolan dengan tautan. Ini membuat pengguna menjadi mudah untuk mengundang teman bergabung dengan beberapa grup atau saluran berita sekaligus.

Pengguna diizinkan membuat beberapa tautan undangan untuk obrolan yang berbeda. Pengguna juga diperbolehkan untuk menambahkan obrolan publik saat admin memiliki hak untuk menambahkan orang. Anggota akan menerima saran untuk bergabung dengan obrolan baru jika Anda menambahkannya ke folder Anda dan memperbarui tautannya.

 

2.Wallpaper khusus

Pembaruan juga memberi Anda opsi untuk mengatur wallpaper khusus untuk obrolan yang berbeda. Anda sekarang dapat menambahkan foto dan tema warna favorit Anda ke wallpaper. Setelah menyetel wallpaper, pesan khusus akan dikirim dalam obrolan yang memungkinkan mitra obrolan Anda menambahkan wallpaper yang sama atau mereka dapat membuatnya sendiri.

 

3.Bot yang lebih baik

Bot Telegram dapat meng-hosting aplikasi web yang mulus. Aplikasi web bot yang mendukung fitur ini dapat diakses melalui tautan langsung atau dengan menyebutkan nama pengguna bot dalam obrolan apa pun di Telegram. Saat diluncurkan dalam grup, aplikasi web juga mendukung fitur kolaborasi dan multipemain untuk anggota.

 

4.Tautan bot dan Telegram premium pada Fragment

Bot sekarang dapat menggunakan nama pengguna yang dapat dikoleksi, termasuk tautan tanpa akhiran-bot. Anda juga dapat membeli Telegram Premium untuk diri sendiri atau menghadiahkannya kepada orang lain melalui Fragment.

 

5.Pengguliran cepat untuk lampiran

Pembaruan juga membawa lampiran seperti Media bersama. Anda hanya perlu menarik bilah tanggal ke perjalanan waktu.

 

6.Baca waktu dalam topik

Untuk grup dengan anggota kurang dari 100 dan topik yang diaktifkan, tanda terima baca kini menunjukkan waktu ketika pesan Anda dibaca oleh anggota grup lainnya.

 

7.Antarmuka yang ditingkatkan

Pembaruan juga membawa beberapa peningkatan pada antarmuka pengguna. Misalnya, fitur Kirim Saat Daring sekarang membutuhkan lebih sedikit ketukan. Anda juga dapat membuat grup tanpa langsung menambahkan anggota jika Anda ingin menyiapkan izin dan menyematkan beberapa pesan terlebih dahulu dan lebih banyak lagi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement