Ahad 23 Apr 2023 20:36 WIB

Terungkap, Seperti Ini Peran Glukosa dalam Aktivitas Otak

Otak membutuhkan banyak glukosa untuk bekerja.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sel otak (ilustrasi). Asupan makanan yang dikonsumsi akan dipecah menjadi glukosa, yang disimpan di hati dan otot, lalu dibawa ke seluruh tubuh.
Foto:

Mereka menemukan bahwa menghilangkan salah satu dari protein ini menghentikan pemecahan glukosa dalam neuron manusia yang terisolasi.

"Ini adalah bukti paling langsung dan paling jelas bahwa neuron memetabolisme glukosa melalui glikolisis dan mereka membutuhkan bahan bakar ini untuk mempertahankan tingkat energi normal," kata Nakamura, yang juga seorang profesor di Departemen neurologi di UCSF.

Tim peneliti Nakamura selanjutnya merekayasa neuron tikus, tetapi bukan jenis sel otak lainnya, untuk kekurangan protein yang diperlukan untuk impor glukosa dan glikolisis. Tikus-tikus tersebut ditemukan mengalami masalah pembelajaran dan memori yang parah seiring bertambahnya usia, yang menunjukkan bahwa neuron bergantung pada glikolisis untuk berfungsi secara normal.

"Menariknya, beberapa defisit yang kami lihat pada tikus dengan gangguan glikolisis bervariasi antara jantan dan betina. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mengapa hal itu terjadi," kata Nakamura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement