Senin 24 Apr 2023 11:59 WIB

Tertarik Beli Ponsel Lipat? Ini Tawaran Menarik pada 2023

Samsung, Google, dan mungkin Apple merilis perangkat baru yang dapat dilipat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung Galaxy Fold
Foto: samsung.com
Samsung Galaxy Fold

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ponsel lipat (foldable device) merupakan salah satu model yang digemari saat ini. Karena modelnya yang digemari, beberapa perusahaan seperti Samsung, Google, dan mungkin Apple bisa merilis perangkat baru yang dapat dilipat.

Berikut perangkat lipat yang mungkin ada di tahun 2023, dikutip Mashable:

Baca Juga

1.Oppo Find N2 Flip

Perangkat lipat pertama ini sebenarnya sudah ada di sebagian besar dunia. Raksasa teknologi China Oppo merilis ponsel Find N2 Flip-nya secara global pada bulan Februari, tetapi ini tidak termasuk wilayah Amerika Utara. Sayangnya, belum ada indikasi ponsel ini akan hadir di Amerika Serikat (AS).

Tetap saja, ponsel ini terlihat cukup keren. Dengan desain clamshell yang dapat dilipat ala Samsung Galaxy Z Flip dan layar penutup 3,26 inci yang cukup besar di bagian luar untuk menampilkan notifikasi dan yang lainnya saat ponsel ditutup, membuat orang ingin membelinya.

 

2.Samsung Galaxy lipat

Komitmen Samsung terhadap perangkat lipat bisa dilihat serius. Samsung merupakan satu-satunya perusahaan yang tidak hanya meluncurkan beberapa perangkat lipat, tetapi terus membarukannya setiap tahun.

Tahun lalu, Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 adalah perangkat berkualitas yang menemukan kesuksesannya di pasar ponsel. Kemungkinan untuk tahun ini, ada pembaruan dari kedua ponsel, sekitar bulan Agustus. Tak hanya itu, Samsung dikabarkan sedang mengerjakan tablet yang dapat dilipat. Produk tersebut dapat keluar pada paruh pertama tahun 2023.

 

3.Apple

Rumor menunjukkan Apple sedang mengerjakan setidaknya satu perangkat yang dapat dilipat. Analis terkemuka seperti Ming-Chi Kuo mengatakan Apple sedang mengerjakan iPhone yang dapat dilipat. Namun, itu bisa saja rilis di tahun 2025 bukan tahun ini.

Apple dapat membuat iPhone dan iPad yang dapat dilipat. Kuo menyebut iPad yang dapat dilipat juga mungkin sedang dikerjakan, tetapi peluncurannya pada tahun 2023 belum ditetapkan.

 

4.Microsoft

Microsoft tampaknya sedang mengerjakan perangkat lipatnya sendiri. Lebih khusus lagi, mengambil perangkat sebelumnya yang tidak dapat dilipat dan membuatnya dapat dilipat.

Windows Central melaporkan pada bulan Januari bahwa evolusi berikutnya dari lini perangkat Surface Duo akan memiliki layar yang dapat dilipat dengan engsel 180 derajat dan layar lain yang lebih kecil di bagian luar perangkat.

Duo bekerja mirip dengan Galaxy Z Fold, tetapi sebenarnya ada dua layar yang sepenuhnya terpisah dengan beberapa ruang di antaranya, bukan satu layar yang dilipat. Namun, Microsoft dilaporkan membatalkan rencana untuk ponsel dua layar lainnya untuk membuat versi lipat baru ini terjadi. Artinya produk terbaru ini mungkin tidak akan terlihat sampai tahun 2024.

 

5.Motorola RAZR

Motorola mengonfirmasi pada pekan ini akan merilis versi baru dari Razr yang dapat dilipat pada tahun 2023.Tidak ada detail lain yang diberikan tentang bagaimana ponsel ini akan meningkat dari pendahulunya.

Motorola memperbarui Razr dengan tampilan yang lebih besar tahun lalu, tetapi versi itu hanya dirilis di Eropa dan China. Razr baru akan memiliki tampilan eksterior yang hampir memenuhi seluruh permukaan luar ponsel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement