Jumat 21 Apr 2023 14:42 WIB

Ini Deretan Artis yang Dihapus Centang Birunya oleh Twitter

Tanda centang biru tidak akan dihapus jika mereka berlangganan Twitter Blue.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Twitter mulai menghapus centang biru ribuan akun yang sudah terverifikasi sebelum Elon Musk mengambil alih. Tanda centang biru tidak akan dihapus jika mereka berlangganan Twitter Blue.
Foto: EPA/Andrew Gombert
Twitter mulai menghapus centang biru ribuan akun yang sudah terverifikasi sebelum Elon Musk mengambil alih. Tanda centang biru tidak akan dihapus jika mereka berlangganan Twitter Blue.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Twitter mulai menghapus centang biru ribuan akun yang sudah terverifikasi sebelum Elon Musk mengambil alih. Tanda centang biru tidak akan dihapus jika mereka berlangganan Twitter Blue.

Pembersihan tanda centang biru ini berdampak pada akun sejumlah selebriti dan tokoh publik. Beberapa selebriti yang paling banyak diikuti di Twitter telah kehilangan status verifikasi lama mereka.

Baca Juga

Di antaranya adalah Justin Bieber, Katy Perry, Cristiano Ronaldo, Lady Gaga, Kim Kardashian, Selena Gomez, Bill Gates, Justin Timberlake, Shakira, Jennifer Lopez, Oprah Winfrey, dan Beyoncé. Mantan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump juga kehilangan status terverifikasi. Padahal, akunnya baru saja dipulihkan Musk pada musim gugur lalu.

Namun, ada beberapa akun yang masih memiliki tanda centang biru. Mereka adalah Rihanna, Taylor Swift, Britney Spears, Ellen DeGeneres, Miley Cyrus, LeBron James, dan Tim Cook.

Dilansir Variety, Jumat (21/4/2023), pembersihan tanda centang biru tidak semuanya tepat sasaran. Misal, akun penulis Stephen King masih terverifikasi padahal dia tidak berlangganan Twitter Blue.

“Akun Twitter saya mengatakan saya telah berlangganan Twitter Blue. Padahal saya tidak berlangganan. Akun Twitter saya mengatakan saya telah memberikan nomor telepon. Lagi-lagi saya tidak memberikan,” ujar dia.

Pada bulan November, Musk berjanji membongkar sistem tanda centang biru lama setelah menutup kesepakatan 44 miliar dolar AS untuk Twitter. Miliarder itu menyebut kebijakan verifikasi perusahaan sebelumnya sebagai korup dan tidak masuk akal.

Sebelum perubahan Musk yang memungkinkan siapa pun mendapatkan tanda centang biru, Twitter memiliki lebih dari 420 ribu akun terverifikasi. Twitter juga telah meluncurkan program untuk bisnis dan organisasi dengan biaya 1.000 dolar AS per bulan untuk lencana verifikasi emas. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement