Kamis 20 Apr 2023 15:05 WIB

Perangi Wabah DBD, Argentina Bikin Nyamuk Jantan Steril dengan Radiasi

Argentina dilanda wabah terburuk demam berdarah dalam beberapa tahun terakhir.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Nyamuk Aedes aegypti. National Atomic Energy Commission Argentina memandulkan nyamuk jantan Aedes aegypti untuk mengendalikan wabah demam berdarah dengue. Argentina dilanda wabah terburuk demam berdarah dalam beberapa tahun terakhir.
Foto:

Ahli biologi CNEA menargetkan angka sterilisasi dapat ditingkatkan menjadi 500 ribu nyamuk jantan. Mereka menjadwalkan untuk melepaskan gelombang pertama nyamuk jantan yang disterilkan pada November 2023.

"Nyamuk disterilkan melalui energi pengion dan pejantan yang mandul itu dibebaskan ke ladang dan ketika mereka bertemu dengan betina liar, keturunan mereka tidak dapat hidup," ujar Alba.

photo
Tiga fase demam pasien DBD. - (Republika)

Dengan cara ini, Alba mengatakan pelepasan pejantan seperti itu secara berurutan memungkinkan untuk dapat mengurangi populasi nyamuk vektor. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejalanya meliputi demam, nyeri mata, kepala, otot dan persendian, mual, muntah, dan kelelahan.

Teknik serupa untuk mensterilkan hama menggunakan radiasi sama yang ditemukan dalam sinar-X telah digunakan selama beberapa dekade. Tindakan ini membantu upaya global untuk mengendalikan penyakit seperti chikungunya, demam berdarah, dan Zika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement