Jumat 14 Apr 2023 09:55 WIB

Mau Ganti HP? Cek 7 Smartphone Menarik Segera Meluncur Tahun Ini

Ada tujuh seri ponsel pintar yang patut dinanti dalam waktu dekat ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ponsel iPhone 15 Pro termasuk yang dinanti kehadirannya tahun ini/ilustrasi.
Foto: Gizchina
Ponsel iPhone 15 Pro termasuk yang dinanti kehadirannya tahun ini/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Paruh kedua 2023 akan jadi tahun yang menarik bagi para penggemar jenama ponsel pintar seperti Apple hingga Samsung. Alasannya, di paruh kedua 2023 ini, beragam jenama besar tersebut akan menghadirkan rangkaian ponsel pintar terbaru mereka yang dilengkapi dengan fitur-fitur andal.

Setidaknya, akan ada tujuh seri ponsel pintar yang patut dinanti dalam waktu dekat ini. Berikut adalah ketujuh seri ponsel pintar tersebut, seperti dilansir CNET.

Baca Juga

 

Apple iPhone 15

Seri terbaru ponsel pintar Apple biasanya akan dirilis pada September. Hal serupa juga mungkin akan terjadi pada tahun ini.

Generasi terbaru smartphone Apple, yaitu iPhone 15, kemungkinan akan memiliki sejumlah perubahan besar. Salah satunya adalah dapat menunjang pengisian daya menggunakan USB-C. Hal ini sejalan dengan mandat Uni Eropa yang mengharuskan semua ponsel di negara tersebut untuk menggunakan charging tipe USB-C per 2024.

Analis keamanan Ming Chi Kuo juga memprediksi bahwa Apple akan membuat perbedaan signifikan dari segi ukuran layar untuk varian Pro dan varian Pro Max seri iPhone 15. Seri iPhone 15 pun diprediksi akan memiliki prosesor baru dan peningkatan dalam hal resolusi kamera.

 

Ponsel Lipat OnePlus

Jenama OnePlus berencana untuk merilis seri ponsel lipat pertama mereka di paruh kedua 2023. Namun, belum ada banyak informasi yang diberikan oleh OnePlus terkait seri ponsel terbaru mereka ini.

Terlepas dari itu, OnePlus dikenal sebagai jenama yang dapat menyaingi Samsung dan Apple dari segi harga. Oleh karena itu, ponsel lipat OnePlus diprediksi akan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan ponsel lipat Samsung.

 

Google Pixel 7A

Bila mengacu pada kebiasaan Google sebelumnya, mereka mungkin akan merilis seri yang lebih murah dari Google Pixel 7, yaitu Google Pixel 7A, pada musim semi atau musim panas tahun ini. Rumor mengenai kemunculan Pixel 7A masih sangat jarang terdengar. Namun, pengembang Kuba Wojciechowski menemukan indikasi bahwa Pixel 7A akan hadir dengan sejumlah peningkatan yang signifikan.

Salah satu temuan Wojciechowski adalah, Pixel 7A akan memiliki refresh rate yang lebih tinggi serta fitur wireless charging. Kedua karakteristik ini tidak ditemukan pada seri sebelumnya yaitu Pixel 6A. Berdasarkan bocoran dari Steve Hemmerstoffer, Pixel 7A akan memiliki desain yang mirip dengan seri sebelumnya dan akan dimotori oleh prosesor Tensor G2.

 

Google Pixel 8

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro baru saja diluncurkan pada pertengahan Oktober tahun lalu. Namun, rumor mengenai kehadiran Pixel 8 cukup kuat berembus. Rumor ini didasarkan pada temuan perusahaan teknologi asal Jerman, WinFuture.

Melalui blog mereka, WinFuture mengungkapkan bahwa mereka menemukan dua kode untuk ponsel pintar Pixel yang belum dirilis, yaitu kode Shiba dan Husky. Kedua kode ni diprediksi mengacu pada Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Menurut WinFuture, kedua varian ponsel pintar ini akan disertai dengan sistem operasi Android 14 dan RAM 12 GB.

 

Ponsel Lipat Google Pixel

Saat ini, Google memang belum memasuki pasar ponsel lipat. Namun, hal tersebut mungkin akan berubah dalam waktu dekat. Menurut WinFuture dan 9to5Google, perusahaan raksasa tersebut kemungkinan akan merilis ponsel lipat Pixel paling cepat pada Juni mendatang.

Menurut 9to5Google, ponsel pintar Google kemungkinan akan memiliki tampilan seperti ponsel lipat Oppo Find N. Sedangkan menurut Dave2D, dia baru menerima sebuah model ponsel lipat blank yang dirumorkan sebagai ponsel lipat Pixel. Dave2D mengatakan ponsel yang dia terima memiliki desain seperti Microsoft Surface Duo.

Wojciechowski juga menemukan sebuah petunjuk dalam Android 13 beta yang mungkin merujuk pada ponsel lipat Pixel. Menurut kode yang dia temukan, ponsel ini kemungkinan memiliki tiga tipe kamera yaitu kamera utama, telephoto, dan ultrawide, serta sebuah kamera inner selfie seperti Pixel 6.

 

Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold diprediksi akan merilis generasi ponsel-tablet hibrida lipat kelimanya pada 2023. Ponsel-tablet hibrida ini disebut akan memiliki slot untuk menyimpan stylus S Pen. Generasi baru dari Galaxy Z Fold ini pun disinyalir akan memiliki sejumlah peningkatan dalam perangkat lunaknya.

Laporan dari beberapa sumber juga mengindikasikan bahwa Samsung akan menghadirkan engsel dalam bentuk seperti tetesan air pada Galaxy Z Fold 5. Engsel baru ini akan meminimalisir bekas lipatan dan ketebalan layar ponsel tersebut.

 

Samsung Galaxy Z Flip 5

Generasi ponsel lipat Samsung berikutnya, yaitu Galaxy Z Flip 5, juga diprediksi akan hadir dengan cover screen yang lebih besar dan bekas lipatan layar yang lebih samar. Seperti halnya Samsung Galaxy Z Fold 5, Samsung Galaxy Z Flip 5 juga akan hadir dengan sejumlah perbaikan dalam perangkat lunak dan kameranya, serta memiliki prosesor baru. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement