Rabu 12 Apr 2023 11:08 WIB

YouTube Premium Perkenalkan Lima Fitur Terbaru

Kelima fitur ini sudah dinantikan para pelanggan YouTube Premium.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Youtube menambahkan lima fitur bagi para pelanggan Youtube Premium./ilustrasi
Foto: Reuters/Shohei Miyano
Youtube menambahkan lima fitur bagi para pelanggan Youtube Premium./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Youtube menambahkan lima fitur bagi para pelanggan Youtube Premium. Dilansir dari GSM Arena, Rabu (12/4/2023), kelima fitur ini sudah dinantikan para pelanggan dan akan cukup membedakan antara mereka yang gratis dan berbayar.

Pelanggan YouTube Premium dapat menggunakan sistem antrean di ponsel dan tablet, yang sebelumnya dalam pengujian hingga akhir Januari 2023. Fitur ini tersedia untuk semua pelanggan yang mengakses Youtube via website, namun untuk diakses dari aplikasi fitur ini masih terbatas.

Baca Juga

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pelanggan untuk membuat antrean video untuk diputar, menambahkan video baru ke dalamnya, dan mengubah posisi video untuk yang sudah dimasukkan ke dalamnya.

Lalu pelanggan Premium juga dapat menyelenggarakan sesi Google Meet di mana semua peserta, terlepas dari apakah mereka pengguna Premium atau gratis, dapat menonton video YouTube bersama.

Sekarang fitur ini masih ditayangkan melalui Meet Live Sharing di perangkat Android serta melalui SharePlay di FaceTime iOS, dan untuk fitur terbaru akan diaktifkan dalam beberapa pekan mendatang.

Fitur ketiga adalah tetap bisa menonton video Youtube meskipun sedang membuka aplikasi lain. Namun fitur ini sudah mulai bisa digunakan sekarang untuk pelanggan Premium di Android, iOS, dan Website.

Fitur keempat adalah Unduhan Cerdas, menambahkan video yang direkomendasikan langsung ke perpustakaan, bisa untuk dilihat secara offline. Ini akan membantu jika pelanggan lupa mengunduh beberapa video, misalnya untuk ditonton saat penerbangan.

Meskipun masih tidak jelas apa yang baru dari fitur ini, karena sebenarnya Unduhan Cerdas sudah tersedia untuk pelanggan Premium.

Dan fitur kelima, untuk para pelanggan Premium, YouTube di iOS akan menghadirkan versi kecepatan bit yang disempurnakan untuk video beresolusi HD 1080p (ini terungkap dalam pengujian pada Februari 2023).

Youtube berjanji bahwa versi bitrate yang ditingkatkan ini akan terlihat lebih tajam dan jernih, terutama untuk video dengan banyak detail dan gerakan. Namun resolusi HD 1080p akan tetap tersedia untuk semua orang, hanya saja yang bitrate lebih tinggi ini khusus untuk pelanggan Premium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement