Kamis 06 Apr 2023 11:43 WIB

Kiat Mudah Hilangkan Semut dari Rumah

Cuka putih dan jeruk dapat digunakan untuk menumpas serangga hitam kecil itu,

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk menumpas semut, kita harus tahu dulu dari mana asalnya. (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Untuk menumpas semut, kita harus tahu dulu dari mana asalnya. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Semut mungkin memainkan peran penting dalam ekosistem taman. Namun, semut bisa menjadi masalah bagi pemilik rumah saat musim kemarau. Kendati begitu, Anda bisa mengontrol masalah semut tanpa bantuan profesional, dengan menggunakan beberapa solusi yang terjangkau.

Insektisida kimia biasanya merupakan obat untuk mengusir semut dari rumah, tetapi ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Profesional pengendalian hama di Rentokil merekomendasikan cuka putih dan jeruk untuk menumpas serangga hitam kecil itu, meskipun pertama-tama, penting untuk menentukan dari mana asalnya.

Baca Juga

"Hanya dengan mengamati pergerakan mereka, Anda akan dapat mengidentifikasi ke mana mereka memasuki rumah. Mereka mungkin masuk melalui pintu yang terbuka, jendela atau  celah dan lubang kecil pada struktur bangunan,” ujar seorang ahli dari Rentokil seperti dilansir Express, Kamis (6/4/2023).

Setelah Anda menemukan titik masuk, bersihkan dan tutup untuk mencegah serangan lebih lanjut sebelum mengeluarkan semut yang sudah ada di dalamnya. Memikat serangga ke satu tempat akan membuat lebih mudah untuk menghilangkannya dengan cepat, misalnya tinggalkan sepiring makanan manis dan lengket di atas piring.

Madu atau sirup akan bekerja dengan baik, meskipun Anda bisa menggantinya dengan gorengan seperti keripik atau daging. Umpan ini mungkin memakan waktu beberapa hari, atau bahkan berminggu-minggu untuk menarik semut.

Untuk membunuh semut, kita bisa mencampurkan satu tutup penuh sabun cair dengan air dalam botol semprot. Setelah semut mati, bersihkan sebelum menghilangkan jejak bau. "Semut meninggalkan jejak aroma saat menemukan makanan. Anda perlu menghapus jejak ini menggunakan kain yang dibasahi disinfektan atau pemutih karena air saja tidak akan menghilangkan jejak,” kata pakar Rentokil.

Bahan alternatif yang terbuat dari cuka putih dan air dapat digunakan sebagai gantinya untuk menghapus jejak secara efektif. Solusi lain yang sangat efektif melawan semut adalah segala hal yang terkait dengan aroma jeruk yang kuat.

Pakar pengendalian hama mengatakan semut tidak menyukai bau jeruk, sehingga Anda dapat membuat pengusir dengan mencampurkan jus lemon, kulit jeruk, atau kulit mentimun dengan air hangat. "Kemudian celupkan kain ke dalam larutan dan gunakan untuk menyeka permukaan. Anda bisa menggunakan larutan serupa untuk mengepel lantai,” ujar pakar itu.

Rempah-rempah dan bumbu, termasuk bawang putih, mint, kemangi, cabe rawit atau cabai, cengkeh dan lada hitam juga bisa digunakan mengusir semut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement