Selasa 04 Apr 2023 17:46 WIB

Supaya Cepat Kering, Begini Kiat Menjemur Pakaian yang Benar

Angin alami dan udara segar akan mengeringkan pakaian Anda dengan cepat.

Angin alami dan udara segar akan mengeringkan pakaian Anda dengan cepat. Ditambah lagi, jika matahari bersinar terang, itu akan menghangatkan pakaian Anda dengan cara yang sama seperti mesin pengering. Ilustrasi.
Foto: ecoannarose.wordpress.com
Angin alami dan udara segar akan mengeringkan pakaian Anda dengan cepat. Ditambah lagi, jika matahari bersinar terang, itu akan menghangatkan pakaian Anda dengan cara yang sama seperti mesin pengering. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Ingin jemuran Anda cepat kering dan terjaga kualitasnya? Ikuti saran pakar berikut ini.

Menurut Deyan Dimitrov, pendiri dan CEO Laundryheap cara terbaik untuk mengeringkan pakaian Anda adalah dengan membiarkannya mengering secara alami di luar. "Gantung cucian Anda di jemuran atau tempatkan di area yang stabil di luar (ruangan)," sarannya seperti dilansir dari laman Express, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Menurutnya, angin alami dan udara segar akan mengeringkan pakaian Anda dengan cepat. Ditambah lagi, jika matahari bersinar terang, itu akan menghangatkan pakaian Anda dengan cara yang sama seperti mesin pengering.

Pakar tersebut mengatakan bonus tambahan untuk menjemur pakaian di luar adalah  pakaian yang berbau lebih segar dan lebih bersih.

Namun, Deyan mengimbau agar menghindari menggantung pakaian berbahan wol pada jemuran karena bahan wol ditambah kelebihan air dapat mengubah bentuk pakaian ke bawah, sehingga menjadi salah bentuk. Daripada mengeringkan di luar, letakkan pakaian berbahan wol secara mendatar di atas permukaan untuk dikeringkan.

Pakar binatu mengklaim cara terbaik untuk selalu menggantungnya sepenuhnya baik ketika dijemur didalam maupun luar ruangan. “Menggantung pakaian Anda sepenuhnya akan memastikan bahwa udara dapat dengan mudah melewati bahan, sehingga lebih cepat kering," ujar Deyan.

Selain itu, lanjut Deyan, menggantung pakaian Anda akan mencegah kerutan, yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menyetrika dan mencegah pakaian Anda kehilangan bentuknya.

Sementara itu, pakar binatu di Ace menyarankan cara terbaik untuk menggantung pakaian adalah mulai dengan barang yang lebih berat seperti jeans dan sweater, lalu turun ke barang yang lebih ringan seperti kemeja dan kaus kaki.

Pastikan pakaian diberi jarak yang sama pada tali, sehingga tidak kusut dan gunakan pasak untuk mengamankan pakaian pada tali.

 

Seprai dan selimut biasanya merupakan barang yang paling sulit untuk digantung. Para ahli merekomendasikan untuk melipatnya menjadi dua, lalu menjepitnya di ujung terbuka untuk menghentikan pembentukan lipatan yang keras. "Gunakan beberapa pasak ekstra di tengah untuk mencegahnya kendur atau tertiup angin."

Gantung kaus kaki berpasangan, satukan di tengah dengan lubang kaki terbuka, untuk menghemat ruang dan membantunya lebih cepat kering.

Beberapa bahan, seperti kaus tipis akan lebih cepat kering daripada yang lain, seperti sweater tebal. Perhatikan hal ini dan hindari menjemur pakaian berwarna di bawah sinar matahari terlalu lama, karena dapat menyebabkan perubahan warna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement