Ahad 02 Apr 2023 11:20 WIB

Mengapa Apple tak Lagi Rilis Ponsel Versi Mini?

Apple justru menghadirkan versi plus untuk seri terbaru iPhone 14.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Performa penjualan iPhone mini terbaru dari Apple, yaitu iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini, tampak sangat menurun. Penurunan tersebut menunjukkan bahwa ponsel pintar berlayar kecil kini tak lagi diminati.
Foto: iphone 14
Performa penjualan iPhone mini terbaru dari Apple, yaitu iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini, tampak sangat menurun. Penurunan tersebut menunjukkan bahwa ponsel pintar berlayar kecil kini tak lagi diminati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penggemar Apple mungkin menyadari bahwa Apple tak lagi merilis versi mini untuk seri iPhone 14. Alih-alih versi mini, Apple justru menghadirkan versi plus untuk seri terbaru iPhone tersebut. Perubahan tersebut dilakukan karena saat ini minat terhadap ponsel berlayar kecil semakin menurun.

Ponsel iPhone mini hadir dengan ukuran layar yang kecil, yaitu hanya 5,4 inci. Pada masanya, tak ada banyak jenama ponsel yang merilis ponsel pintar dengan layar di bawah 6 inci. Oleh karena itu, iPhone mini cukup banyak diminati.

Baca Juga

Akan tetapi, performa penjualan iPhone mini terbaru dari Apple, yaitu iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini, tampak sangat menurun. Penurunan tersebut menunjukkan bahwa ponsel pintar berlayar kecil kini tak lagi diminati.

Melihat perubahan tren ini, Apple melakukan perubahan signifikan saat merilis seri iPhone 14. Pada seri ini, Apple tak lagi menghadirkan versi mini melainkan versi plus dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan versi orisinalnya, yaitu 6,7 inci.

Keputusan Apple untuk melakukan perubahan ini ternyata tepat. Berdasarkan laporan dari DSCC, volume pengiriman iPhone 14 Plus tampak lebih tinggi dibandingkan iPhone 13 mini. Penjualan iPhone 14 Plus bahkan 59 persen lebih tinggi dibandingkan iPhone 13 mini.

Pencapaian ini cukup mengejutkan karena berdasarkan laporan sebelumnya, iPhone 14 Plus disebut sebagai versi yang paling tidak populer di antara seluruh seri iPhone 14. Meski menjadi versi yang paling tidak populer, volume pengiriman iPhone Plus tetap melampaui iPhone 13 mini.

Sejauh ini, iPhone 14 Pro dan Pro Max masih menjadi model yang paling mendongkrak penjualan seri iPhone 14. Seperti dilansir GizChina, sekitar 28 persen panel shipment dari seri iPhone 14 adalah untuk model iPhone 14 Pro dan 36 persen untuk iPhone Pro Max.

Penurunan minat terhadap ponsel pintar berlayar kecil tak hanya dialami oleh iPhone. Minat terhadap ponsel Android berlayar kecil juga tampak semakin menurun seiring berjalannya waktu. Bahkan ponsel Android dengan layar terkecil saat ini, yaitu Xiaomi 13, memiliki ukuran layar 6,36 inci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement