Jumat 31 Mar 2023 18:35 WIB

Ini Bukti Kita Sudah tak Terpisahkan dengan Ponsel

Generasi milenial termasuk pengguna ponsel tertinggi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Ketergantungan berlebihan pada perangkat seluler dapat dengan cepat mengakibatkan masalah psikologis/ilustrasi..
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Ketergantungan berlebihan pada perangkat seluler dapat dengan cepat mengakibatkan masalah psikologis/ilustrasi..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Saat ini banyak yang membawa ponsel sebagai “asisten pribadi” mereka. Dalam survei baru-baru ini yang dilakukan oleh  China Youth Daily Social Survey Center dan Questionnaire Network, banyak orang sudah kecanduan menggunakan ponsel.

Dilansir dari Gizchina, Jumat (31/3/2023), survei mengungkapkan bahwa 89,2 persen responden mengatakan bahwa mereka tanpa sadar sering melihat ponsel mereka. Orang-orang ini lebih lanjut mengatakan mereka akan merasa tidak nyaman dan terlalu bergantung pada ponsel mereka. Selain itu, 64 persen mengatakan mereka akan menjadi kurang aktif dan tidak dapat fokus tanpa ponsel di tangan.

Baca Juga

Menurut laporan tersebut, penggunaan ponsel tertinggi adalah orang yang lahir setelah tahun 1990 (92,2 persen). Sekitar 89,2 persen orang melaporkan merasa khawatir jika ponsel mereka tidak ada, dengan responden pasca-1980 an dan pasca 1990-an melaporkan persentase yang lebih tinggi (90,7 dan 90,4 persen). Jumlah tersebut sangat tinggi dan tampaknya sangat menarik perhatian.

Menurut Schumann, Wakil Presiden Eksekutif dari Psychological Quality Research Institute, East China Jiaotong University di Nanchang Cina , orang pada awalnya menggunakan ponsel untuk meredakan ketegangan dan mencari kesenangan. Namun, saat mereka bermain dengan ponsel ini, mereka secara perlahan menjadi lebih khawatir, sehingga menciptakan lingkaran setan.

Kemudian, studi Schumann menunjukkan bahwa ketergantungan berlebihan pada perangkat seluler dapat dengan cepat mengakibatkan masalah psikologis. Yang pertama dari masalah ini biasanya merupakan gangguan. Terlalu bergantung pada ponsel pintar akan membuat orang cemas dan mempersulit mereka untuk bekerja, belajar atau menjalani kehidupan normal.

Masalah kedua adalah kepercayaan diri yang rendah. Keberhasilan belajar dan bekerja berkurang karena sangat bergantung pada perangkat seluler. Tingkat stres Anda juga akan meningkat dan harga diri Anda akan terus turun jika tidak dapat melakukan satu tugas dengan baik.

Masalah ketiga adalah gejala fisiologis dan psikologis tertentu. Waktu yang lama dihabiskan untuk menggeser ponsel akan memotong dan menghabiskan waktu Anda, dan Anda akan terlalu lamban untuk berolahraga. Ini akan berdampak pada kesehatan fisik dan emosional Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement