Kamis 30 Mar 2023 18:45 WIB

Agar AC Dingin Maksimal, Ini 10 Caranya

Untuk pendinginan yang lebih baik, pastikan pintu dan jendela tertutup rapat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Beberapa tip sederhana untuk mendapatkan pendinginan AC yang lebih optimal./ilustrasi.
Foto: Indian Express
Beberapa tip sederhana untuk mendapatkan pendinginan AC yang lebih optimal./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Belakangan ini, cuaca memang tak menentu. Kadang hujan turun berhari-hari, selanjutnya  matahari pun bersinar terang hingga membuat kita kegerahan. Nah, tampaknya inilah saat yang tepat untuk melihat lagi kondisi alat pendingin (AC) di rumah. Dilansir Gadgets Now pada Kamis (30/3/2023), berikut beberapa tip sederhana untuk mendapatkan pendinginan AC yang lebih optimal.

1. Pastikan AC beroperasi dalam Cool mode.

Baca Juga

AC saat ini hadir dengan beberapa mode pendinginan seperti Cool, Dry, Hot, Fan, dan lainnya. Untuk efisiensi pendinginan yang lebih baik, pastikan AC disetel ke mode Cool.

 

2. Perhatikan filter kotor dan tersumbat. 

Filter AC yang tersumbat dapat mengurangi aliran udara. Akhirnya, hal itu mengurangi efisiensi pendinginan AC. Disarankan untuk membersihkan filter setiap dua minggu untuk aliran udara dan pendinginan yang lebih baik. Selain itu, pastikan tidak ada debu atau kotoran di ventilasi filter untuk membantu menjaga aliran udara tetap stabil.

 

3. Pastikan tidak ada jalan keluar untuk udara dari ruangan.

Untuk efek pendinginan yang lebih baik, pastikan semua pintu, jendela, ditutup dengan benar agar udara dingin tetap terperangkap di dalam ruangan. Juga, cegah pintu dan jendela agar tidak terbuka dan tertutup berulang kali.

 

4. Sinar matahari langsung mempengaruhi efek pendinginan.

Salah satu alasan di balik berkurangnya efisiensi pendinginan bisa jadi karena sinar matahari. Jika ruangan terkena sinar matahari secara langsung maka dapat membuat AC bekerja keras untuk mendinginkan ruangan. Untuk hasil yang lebih baik, tutuplah gorden pada jendela dan pintu untuk menghindari sinar matahari langsung masuk ke dalam ruangan. Jika memungkinkan, gunakan gorden tebal atau gorden dua lapis.

 

5. Ukuran ruangan dan kapasitas AC berbanding lurus.

Memilih kapasitas AC yang tepat untuk ruangan itu penting karena mempengaruhi efektivitas AC. Jika ukuran ruangan lebih besar dari kapasitas AC, maka pendinginan akan kurang efektif. Biasanya, ukuran yang disarankan adalah 1 pk AC untuk area 9,2 meter persegi; 1,5 pk untuk 13,9 meter persegi; dan 2 pk untuk 18,5 meter persegi.

 

6. Efisiensi pendinginan juga bergantung pada jumlah orang di dalam ruangan.

Jumlah individu yang hadir di ruangan juga dapat memengaruhi efisiensi pendinginan. Sementara efisiensi pendinginan unit AC ditentukan oleh ukuran dan luas ruangan, jumlah orang di dalam ruangan merupakan faktor lain yang mempengaruhi efisiensinya. Sederhananya, lebih banyak orang sama dengan pendinginan lambat.

 

7. Simpan unit luar ruang di bawah naungan atau tertutup.

Untuk AC split, unit outdoor biasanya terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat mempengaruhi pendinginan juga. Pastikan unit outdoor ditempatkan di area yang teduh.

 

8. Hindari menghalangi aliran udara unit luar ruang.

Usahakan selalu untuk menjaga area di sekitar unit outdoor bebas hambatan untuk aliran udara yang lebih baik. Dianjurkan untuk tidak meletakkan benda besar apa pun di dekat unit outdoor yang dapat menghalangi aliran udara.

 

9. Perawatan rutin itu penting.

Servis AC harus tepat waktu. Ini akan memastikan bahwa AC dalam kondisi terbaik untuk pendinginan yang lebih baik.

 

10. Gunakan AC dalam kapasitas 100 persen.

AC modern yang hadir dengan teknologi inverter menawarkan pilihan kepada pengguna untuk mengurangi beban guna menghemat daya. Namun untuk pendinginan yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan AC dengan kapasitas 100 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement