Senin 27 Mar 2023 22:10 WIB

Cara Atur Akun Anda Agar tidak Terlihat di WhatsApp

Anda perlu mempelajari cara menggunakan fitur privasi aplikasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda ingin menghindari percakapan yang canggung, pesan yang tidak diinginkan, atau komentar menyeramkan, Anda perlu mempelajari cara menggunakan fitur privasi aplikasi./ilustrasi
Foto: Unsplash
Jika Anda ingin menghindari percakapan yang canggung, pesan yang tidak diinginkan, atau komentar menyeramkan, Anda perlu mempelajari cara menggunakan fitur privasi aplikasi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Platform WhatsApp sangat bagus untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Namun, WhatsApp bisa menjadi tidak bagus bagi penguntit yang mencoba untuk tetap berhubungan dengan Anda.

Jika Anda ingin menghindari percakapan yang canggung, pesan yang tidak diinginkan, atau komentar menyeramkan, Anda perlu mempelajari cara menggunakan fitur privasi aplikasi.

Baca Juga

 

Sembunyikan status terakhir terlihat dan online

Jika Anda orang yang sangat sibuk dan tidak selalu dapat membalas tepat waktu, menyembunyikan status terakhir Anda bisa menjadi cara terbaik. Untuk mematikan keterangan terakhir terlihat, klik Settings > Privacy > Last seen and online to Nobody.

 

Nonaktifkan tanda terima telah dibaca        

Setelah Anda menghilangkan gangguan yang disebabkan oleh tampilan terakhir yang terlihat, hal berikutnya yang ingin Anda matikan adalah tanda terima telah dibaca. Anda dapat membalas pesan dengan kecepatan Anda sendiri tanpa merasa tertekan. Tanda terima baca dapat dimatikan dari Settings > Privacy, lalu matikan tanda terima Read.

 

Batasi pembaruan status

Fitur untuk membatasi pembaruan status ke kontak tertentu atau menyembunyikan dari kontak tertentu telah ada sejak lama. Namun, pembaruan dari Februari memungkinkan Anda melakukan hal yang sama untuk setiap status.

Saat mengunggah status, Anda akan melihat pemilih penonton pribadi baru di bagian bawah. Setel ke "Only share with" dan pilih kontak terdekat Anda untuk membuat mereka merasa istimewa dengan menceritakan rahasia atau lelucon Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperluas dan membatasi semua status Anda dari Settings > Privacy > Status.

 

Sembunyikan foto profil         

Dilansir Indian Express, Senin (27/3/2023), WhatsApp peduli dengan privasi Anda dan secara protektif mengatur visibilitas gambar profil Anda hanya ke kontak. Anda dapat melangkah lebih jauh dan menyetelnya ke "Nobody". Ini dapat dilakukan melalui Settings > Privacy > Profil Photo> Nobody.

 

Menyembunyikan tentang diri Anda (About)

Setelah Anda mematikan semua hal di atas, satu-satunya hal yang tersisa untuk mengurangi jejak WhatsApp Anda adalah menyembunyikan tentang Anda (About). Ini dapat dilakukan melalui Settings > Privacy > About. Melakukannya akan membantu jika Anda terlalu malas untuk memperbaruinya setiap saat atau jika Anda hanya mencoba tampil misterius. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement