Selasa 21 Mar 2023 15:56 WIB

Mau Beli Robot Vacuum Cleaner? Ini Rekomendasi Beserta Harganya

Robot ini dirancang dengan operasi manual melalui remote control.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Robot vacuum cleaner (Robovac) adalah alat pembersih lantai yang dirancang dengan operasi manual melalui remote control. Alat tersebut bisa membersihkan secara otomatis tanpa kontrol manusia./ilustrasi.
Foto: istimewa
Robot vacuum cleaner (Robovac) adalah alat pembersih lantai yang dirancang dengan operasi manual melalui remote control. Alat tersebut bisa membersihkan secara otomatis tanpa kontrol manusia./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Terkadang ada saatnya Anda tidak mempunyai waktu untuk membersihkan lantai rumah. Anda mungkin memang masih di rumah, tetapi Anda tidak bisa jauh dari laptop. Padahal lantai rumah sudah sangat kotor dengan debu yang berlapis.

Untuk solusinya, Anda bisa menggunakan robot vacuum cleaner. Alat ini juga bisa menjadi pilihan jika Anda sedah lelah atau malas bergerak. Anda tidak perlu repot menggerakkan karena alat ini bisa bekerja sendiri.

Baca Juga

Robot vacuum cleaner (Robovac) adalah alat pembersih lantai yang dirancang dengan operasi manual melalui remote control. Alat tersebut bisa membersihkan secara otomatis tanpa kontrol manusia. Berikut beberapa Robovac yang bisa Anda coba beserta harganya:

 

1.Kurumi KV 03 (Rp 2,6 juta)

Kurumi Robot Vacuum KV 03 memiliki remote kontrol dengan lima mode pembersihan yaitu spot cleaning, edge cleaning, zig-zag cleaning, auto cleaning, dan max cleaning. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur schedule cleaning yang memungkinkan anda mengatur waktu robot bekerja hingga 23 jam 30 menit ke depan.

Water tank berukuran 120 mL, berfungsi untuk mengepel lantai dan dilengkapi dengan tangki debu HEPA Filter dan filter debu dengan kapasitas 0.5 liter untuk menghisap debu dan mikropartikel di lantai.

 

2.Oxone Ox-889 (Rp 3,4 juta)

Robovac ini mampu membersihkan berbagai jenis lantai kayu, marmer, dan keramik. Ada kotak debu di dalam dan ada filter HEPA. Selain itu, juga ada sensor cliff yang mencegah vacuum cleaner jatuh dari tepian atau tangga serta sensor bumper di bagian depan yang membuat vacuum cleaner mundur ketika ada barang di jalurnya.

Alat ini akan bekerja berputar-putar di ruangan sampai baterai akan habis. Ketika baterai akan habis, vacuum cleaner otomatis kembali ke dudukan (base) charging. Daya listrik charger 30 Watt 220 Volt 50Hz

 

3.Jallen Gabor IS25 (Rp 150-160 ribu)

Jallen Gabor sweeping robot dilengkapi dengan sikat untuk membersihkan, menyedot debu halus, kotoran, mengepel lantai. Berbeda dengan dua Robovac di atas, jika lampu indicator biru berkedip, ini artinya low battery. Anda harus segera matikan mesin lalu mencharge. LED indikator merah menandakan alat sedang discharge dan jika sudah penuh akan berubah menjadi hijau.

 

4.Mitsuyama MS SR2 (Rp230 ribu)

Robovac ini memiliki beberapa fitur di antaranya:

- Smart Navi: Mapping technology untuk perencanaan rute pembersihan khusus untuk rumah Anda

- Virtual Wall: Tembok Virtual untuk mencegah robot masuk/melewati area tertentu

- Mode Mulut Vacuum: Main brush mode untuk karpet atau lantai, menyedot debu atau partikel-partikel sampah kecil seperti kertas, atau bekas robekan koran dapat dibersihkan

- Cleaning Mode: Mode pembersihan: Auto

 

5.Samsung VR5000RM (Rp 4,4 juta)

2-in-1 Vacuuming dan Mopping Cleaning System menangkap debu dan kotoran serta mengepel lantai secara efektif. Tangki air mendeteksi jika bantalan pel sudah terpasang dan secara otomatis menyalakan pel dan menyesuaikan jumlah air.

Baterai 3400mAh berkapasitas tinggi yang tahan lebih lama mempertahankan daya hisap hingga 150 menit. Alat ini memiliki desain yang ramping tanpa mengurangi daya hisapnya yang kuat. EZ Empty Dustbin dapat dibersihkan tanpa debu berceceran dan tanpa mengotori tangan. Anda dapat membukanya hanya dengan menekan satu tombol, angkat isinya, dan masukkan kembali. Anda juga dapat membilasnya dengan air. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement