Selasa 21 Mar 2023 15:45 WIB

Ponsel Murah Kini tak Kalah dengan Ponsel Mahal, Ini Andalannya

Qualcomm telah mengumumkan perilisan chip baru untuk ponsel kelas menengah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ponsel pintar kelas menengah kini memiliki spek yang tak kalah mumpuni berkat rilis chip baru Qualcomm (ilustrasi)
Foto: VOA
Ponsel pintar kelas menengah kini memiliki spek yang tak kalah mumpuni berkat rilis chip baru Qualcomm (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika harga Galaxy S23 Ultra terbaru dari Samsung tak sesuai kocek Anda, jangan panik. Produsen beberapa prosesor telepon paling populer, Qualcomm telah mengumumkan perilisan chip baru cepat, yang tampaknya akan menghadirkan kekuatan sangat mengesankan ke perangkat ponsel pintar kelas menengah.

“Snapdragon identik dengan pengalaman seluler premium. Peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 hari ini mengilustrasikan kemampuan kami untuk menghadirkan beberapa fitur andalan yang paling banyak diminta ke seri Snapdragon 7, membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang,” kata Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, Christopher Patrick dilansir Mirror, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Itu berarti mereka yang tidak ingin menghabiskan lebih dari 800 pound (sekitar Rp 15 juta) untuk smartphone baru tidak akan melewatkan pengalaman terbaik ini. Faktanya, Qualcomm mengklaim Snapdragon 7+ Gen 2 yang baru akan menawarkan kinerja sekitar 25 persen lebih baik daripada chip pesaing dalam kategori yang sama. Selain itu, peningkatan efisiensi juga berarti masa pakai baterai lebih lama.

Bersamaan dengan lebih banyak keuletan, ponsel yang menampilkan Gen 2 harus dapat mengambil foto yang jauh lebih baik. Itu berkat prosesor yang mampu memotret 30 gambar sekaligus yang kemudian digabungkan untuk membuat jepretan terbaik.

Qualcomm bahkan menjanjikan fitur ini akan berfungsi pada malam hari, yang berarti foto lebih cerah, lebih jelas, dan lebih berwarna saat matahari terbenam. Snapdragon 7+ Gen 2 juga mendukung pengambilan foto hingga 200MP dan pengambilan video High Dynamic Range (HDR) yang mengesankan dimungkinkan melalui eksposur tiga kali lipat dari dua kamera secara bersamaan.

Bonus lain dari peningkatan ini akan diberikan pengguna yang menyukai gim di ponsel mereka, dengan Gen 2 yang mendukung fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Auto Variable Rate Shading dan Volumetric Rendering. Ini akan membawa grafik gaya konsol ke saku Anda dengan hal-hal yang tampak lebih realistis daripada perangkat lain yang lebih murah.

Ponsel yang memiliki prosesor ini akan mendapatkan peningkatan kecepatan pengunduhan 5G dan Wi-Fi ekstra responsif untuk konektivitas yang lebih cepat di rumah. Perusahaan termasuk Motorola, Samsung, dan Xiaomi semuanya menggunakan Snapdragon 7 Gen 1 sebelumnya di ponsel kelas menengah mereka, yang semuanya berharga setengah harga dari flagships premium lainnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan solusi paling inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pelanggan kami, dan industri pada umumnya,” ujar Patrick. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement