Senin 20 Mar 2023 14:50 WIB

Ini Daftar Pemenang Huawei ICT Competition Asia Pacific 2023, Ada Indonesia?

Huawei secara khusus berkomitmen memperkuat ekosistem digital.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pemenang kompetisi akan mewakili kawasan Asia Pasifik untuk berkompetisi di babak final ICT Competition Global Huawei yang sedianya diselenggarakan di Cina pada Mei 2023.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Pemenang kompetisi akan mewakili kawasan Asia Pasifik untuk berkompetisi di babak final ICT Competition Global Huawei yang sedianya diselenggarakan di Cina pada Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penyedia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global, Huawei, mendukung peningkatan standar dalam pengembangan talenta digital Indonesia melalui penyelenggaraan ajang kompetisi TIK se-Asia Pasifik Huawei ICT Competition 2023 di Indonesia, sembari memperkenalkan model pengembangan talenta baru menuju pembentukan saluran bakat yang kuat bagi masa depan digital di seluruh kawasan regional.

Lebih dari 4.800 mahasiswa dan dosen dari 290 universitas dan perguruan tinggi terkemuka di 10 negara dan wilayah, ambil bagian dalam babak final Huawei ICT Competition Asia Pacific.

Baca Juga

Menggarisbawahi perlunya mengembangkan saluran bakat yang kuat untuk masa depan digital kawasan Asia Pasifik, Zhang Zhengjun, Vice President, Public Affairs and Communication Department, Huawei Asia Pacific, memperkenalkan apa yang disebut model pengembangan bakat Huawei disingkat PIPES.

PIPES ini, kata Zhang, terdiri dari Platform, Inovasi, Profesionalisme, Experience (Pengalaman), dan Skill (Keterampilan). Lebih lanjut, Zhang menjelaskan PIPES dirancang untuk menyediakan program pelatihan yang disesuaikan untuk individu dari semua lapisan masyarakat, termasuk generasi muda, pejabat pemerintah, praktisi TIK, pengusaha, dan masyarakat umum. 

“Dengan PIPES, kami membangun saluran bakat yang kuat, tidak hanya untuk diri kami sendiri, tetapi juga untuk masa depan digital di seluruh kawasan,” kata Zhang.

Selama lebih dari 23 tahun, Huawei telah memegang teguh komitmen berkelanjutannya, 'Huawei I DO'.  Hal itu antara lain dengan terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa. 

Sebagai bagian dari komitmen "I Do Collaborate”, Huawei berbagi pengalaman dan keahliannya dalam berbagai teknologi TIK mutakhir untuk memastikan Indonesia tetap kuat di jalur yang aman dalam mempercepat digitalisasi.  Huawei secara khusus berkomitmen memperkuat ekosistem digital melalui program penyiapan 100 ribu talenta digital Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun, yang saat ini telah menjangkau lebih dari 80 ribu penerima manfaat.

Apresiasi atas penyelenggaraan Huawei Asia Pacific ICT Competition juga disampaikan Dr. Piti Srisangnam, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation. Dia memuji Huawei atas komitmen dan kontribusinya yang konsisten dalam mendorong transformasi digital di seluruh kawasan, khususnya ke Indonesia yang menjalankan Keketuaan ASEAN pada tahun ini, untuk membantu memposisikan kawasan ini sebagai episentrum baru pertumbuhan digital dunia. 

“Teknologi dan solusi inovatif Huawei telah membuka jalan bagi peningkatan konektivitas dan digitalisasi, menciptakan peluang baru bagi bisnis dan individu,” katanya.

Huawei Asia Pasifik mengadakan ICT Competition Regional pertama kali sejak 2018. Kompetisi tersebut terdiri dari Network Track dan Cloud Track.  Network Track mencakup perutean dan pengalihan, keamanan jaringan, WLAN, sedangkan Cloud Track mencakup teknologi TIK mutakhir, seperti komputasi awan, data besar, dan kecerdasan buatan.

Pemenang kompetisi akan mewakili kawasan Asia Pasifik untuk berkompetisi di babak final ICT Competition Global Huawei yang sedianya diselenggarakan di Cina pada Mei 2023.

Sebagai penyedia infrastruktur TIK dan perangkat pintar global terkemuka, Huawei berkomitmen untuk mendukung pengembangan talenta digital di seluruh dunia.  Perusahaan telah mendirikan lebih dari 1.900+ akademi TIK di lebih dari 110 negara dan wilayah, dan telah melatih lebih dari 150 ribu siswa di seluruh dunia setiap tahun.

 

Berikut adalah tim pemenang Huawei ICT Competition Asia Pacific 2023:

Kategori Network Track

Juara 1: Universiti Malaya

Juara 2: Institut Teknologi Bandung

Juara 3: Politeknik Nanyang

 

Kategori Cloud Track

Juara 1: The Chinese University of Hong Kong

Juara 2: National University of Singapore

Juara 3: Institut Teknologi Bandung

 

Kategori khusus Women in Tech

Team Award – King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang

Network Track – Institut Teknologi Bandung

Cloud Track – Universiti Tunku Abdul Rahman

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement