Sabtu 18 Mar 2023 17:33 WIB

Microsoft Luncurkan Copilot, Masa Depan Dokumen Office yang Didukung AI

Copilot didukung GPT-4 dari OpenAI, yang akan terintegrasi dengan Microsoft 365.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft mengumumkan Copilot bertenaga kecerdasan buatan (AI) terbarunya untuk aplikasi dan layanan. Mengusung nama Microsoft 365, AI ini dirancang untuk membantu semua orang membuat dokumen, email, presentasi, dan banyak lagi.
Microsoft mengumumkan Copilot bertenaga kecerdasan buatan (AI) terbarunya untuk aplikasi dan layanan. Mengusung nama Microsoft 365, AI ini dirancang untuk membantu semua orang membuat dokumen, email, presentasi, dan banyak lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Microsoft mengumumkan Copilot bertenaga kecerdasan buatan (AI) terbarunya untuk aplikasi dan layanan. Mengusung nama Microsoft 365, AI ini dirancang untuk membantu semua orang membuat dokumen, email, presentasi, dan banyak lagi.

Copilot ini didukung oleh GPT-4 dari OpenAI, yang akan duduk berdampingan dengan aplikasi Microsoft 365 seperti asisten, muncul di sidebar sebagai chatbot yang memungkinkan pengguna Office menggunakannya untuk menghasilkan teks dalam dokumen, membuat presentasi PowerPoint berdasarkan dokumen Word, atau bahkan membantu menggunakan fitur seperti PivotTable di Excel.

Baca Juga

“Ini bekerja bersama kita, disematkan dalam aplikasi yang digunakan jutaan orang setiap hari, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya. Copilot adalah cara kerja yang benar-benar baru,” ujar Kepala Microsoft 365 Jared Spataro dilansir dari The Verge, Sabtu (18/3/2023).

Pengguna Microsoft 365 akan dapat memanggil Copilot untuk memberikan informasi tentang rapat Microsoft Teams yang akan datang, mempersiapkan orang-orang dengan pembaruan terkait proyek, perubahan organisasi seperti perekrutan baru-baru ini, dan bahkan pembaruan tentang rekan kerja yang mungkin telah kembali dari liburan.

Copilot juga dapat digunakan di seluruh aplikasi Microsoft Office dan digunakan di Word untuk menyusun dokumen berdasarkan file lain. Teks yang dihasilkan AI kemudian dapat diedit dan diadaptasi secara bebas.

Karena Copilot pada dasarnya adalah chatbot, semua orang dapat memintanya untuk membuat presentasi PowerPoint 10 slide berdasarkan dokumen Word, menganalisis atau memformat data Excel.

Itu berarti pengguna Excel bisa menggunakan Copilot untuk langsung membuat analisis SWOT atau PivotTable berdasarkan data. Di Microsoft Teams, fitur Copilot dapat menyalin rapat, mengingatkan tentang hal-hal yang mungkin terlewatkan jika terlambat bergabung, atau bahkan meringkas item selama rapat.

Spataro dengan cepat menegaskan bahwa Copilot tidak selalu benar. “Terkadang Copilot akan melakukannya dengan benar, di lain waktu akan menjadi kesalahan yang bermanfaat, memberi ide yang tidak sempurna tetapi masih memberi awal yang baik,” kata dia selama acara AI Microsoft hari ini.

Copilot juga akan ada di Outlook, sehingga semua orang dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menghapus dan merespons email. Utas email dapat diringkas, dan Copilot bahkan dapat membuat draf tanggapan dengan tombol untuk menyesuaikan nada atau panjang email.

“Untuk membangun Copilot, kami tidak hanya menghubungkan ChatGPT ke Microsoft 365. Ini didukung oleh apa yang kami sebut sistem Copilot,” kata Spataro. Sistem ini menggabungkan aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint dengan data dan AI Microsoft Graph serta GPT-4.

Copilot menggunakan grounding untuk meningkatkan kualitas prompt yang diberikan. Jika meminta Word untuk membuat dokumen berdasarkan data, Copilot akan mengirimkan prompt tersebut ke Microsoft Graph untuk mengambil konteks dan data, sebelum mengubah prompt dan mengirimkannya ke model bahasa besar GPT-4.

Respons kemudian dikirim ke Microsoft Graph untuk pemeriksaan pembumian, keamanan, dan kepatuhan tambahan, sebelum mengirim respons dan perintah kembali ke aplikasi Microsoft 365.

Microsoft juga berencana meluncurkan fitur Obrolan Bisnis yang berfungsi di semua data dan aplikasi Microsoft 365. Ini menggunakan Microsoft Graph untuk menyatukan dokumen, presentasi, email, catatan, dan kontak ke dalam satu antarmuka obrolan di Microsoft Teams yang dapat menghasilkan ringkasan, ikhtisar perencanaan, dan banyak lagi.

Microsoft mengatakan sedang menguji Copilot Microsoft 365 dengan 20 pelanggan saat ini dan akan memperluas pratinjau dalam beberapa bulan mendatang. “Kami akan membagikan lebih banyak tentang harga dan detail dalam beberapa bulan mendatang,” kata Microsoft dalam unggahan blognya hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement