Sabtu 18 Mar 2023 06:47 WIB

Mantan Gelandang Liverpool Lucas Leiva Pensiun karena Masalah Jantung

Lucas Leiva gantung sepatu pada usia 36 tahun.

Lucas Leiva saat memperkuat Liverpool (ilustrasi). Leiva mengumumkan pensiun dari sepak bola pada usia 36 tahun karena masalah jantung.
Foto: EPA/PETER POWELL
Lucas Leiva saat memperkuat Liverpool (ilustrasi). Leiva mengumumkan pensiun dari sepak bola pada usia 36 tahun karena masalah jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan gelandang Liverpool dan Lazio, Lucas Leiva, mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola pada Jumat (17/3/2023) karena masalah jantung. Ia mengakhiri karier profesionalnya selama 17 tahun sebagai pesepak bola.

Pemain berusia 36 tahun itu telah memainkan hampir 600 pertandingan dalam karier klubnya, mayoritas di Eropa setelah bergabung dengan Liverpool pada 2007. Ia kemudian pindah ke Serie A Italia pada 2017, di mana ia bermain selama lima musim bersama Lazio.

Baca Juga

Lucas Leiva kembali pada musim panas lalu ke klub masa kecilnya Gremio. Ia membuat 17 penampilan dan mencetak tiga gol untuk tim asal Brasil tersebut sebelum absen pada bulan Desember, saat ia didiagnosis menderita masalah jantung setelah menjalani tes rutin. 

"Saya ingin berterima kasih kepada Gremio atas semua dukungannya selama tiga bulan ini. Hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya. Ini merupakan periode yang sulit," kata Lucas Leiva dalam konferensi pers, dikutip Reuters.

Dalam pengakuannya, Lucas Leiva oensiun di tempat yang diinginkannya. Sayangnya, bukan dengan cara yang diidamkannya. Namun, ia meyakini siklus baru akan dimulai setelah Lucas Leiva gantung sepatu. 

"Saya memiliki banyak harapan bahwa itu bisa berbalik, tetapi itu tidak terjadi. Kesehatan saya adalah yang utama," tegas Lucas Leiva.

Pemain asal Brasil ini, yang memenangkan kejuaraan Amerika Selatan U-20 pada 2007. Sebelum Lucas Leiva pensiun, ia mengoleksi 24 caps internasional bersama timnas Brasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement