Sabtu 18 Mar 2023 08:20 WIB

Menkeu Rombak Pejabat Pajak

Menkeu meminta pejabat yang dilantik berkomitmen bangun reputasi Kementerian Keuangan

Rep: Novita Intan/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Keuangan merombak pimpinan tinggi pratama pajak. Adapun perombakan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 107/KMK.01/2023 tentang Mutasi dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 109/KMK.01/2023 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkungan Kementerian Keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta para pejabat yang dilantik agar berkomitmen dan membangun reputasi Kementerian Keuangan. “Saya juga meminta agar pejabat Kementerian Keuangan tidak mengecewakan kepercayaan masyarakat terhadap institusi,” ujarnya Jumat.

Baca Juga

Menyikapi kasus segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab telah membuat masyarakat kecewa, emosi, dan marah. Hal tersebut berhubungan dengan harapan dari masyarakat terhadap institusi Kementerian Keuangan.  “Anda semuanya punya pekerjaan yang tidak mudah, dari sisi pajak kita tahu bahwa tantangannya luar biasa besar,” ucapnya.

Maka itu, Sri Mulyani menegaskan tindakan korektif dan perbaikan akan terus dilakukan secara konsisten dan tegas, karena kepercayaan masyarakat tidak boleh dicederai dan dikhianati dan harus dijaga bersama secara penuh, sungguh-sungguh dan tanpa kompromi. 

“Saya minta baik yang dilantik maupun yang hadir disini sekali lagi menegaskan kembali membangun kepercayaan publik bagi instansi Kementerian Keuangan. Ini merupakan suatu pekerjaan yang terus-menerus berkesinambungan dan tak pernah putus, karena kepercayaan adalah sesuatu yang memang harus dijaga serta tidak boleh dikhianati atau dicederai oleh siapapun,” tegasnya.

Pada saat bersamaan pengelolaan keuangan negara dihadapkan pada berbagai tantangan dari kondisi ekonomi global yang terus bergejolak. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan harus dapat hadir sebagai penjaga keuangan negara yang dapat diandalkan.  “Kondisi ekonomi dunia tidak baik-baik saja dan terus bergejolak, maka anda semuanya wajib untuk menjaga instrumen keuangan negara menjadi instrumen yang dapat diandalkan dan terus menjadi instrumen yang mampu melindungi masyarakat serta perekonomian dari berbagai guncangan,” ucapnya.

Sri Mulyani menginstruksikan kepada para pejabat tersebut, serta seluruh pegawai Kementerian Keuangan seluruh unit dan posisi agar menjaga martabat, kehormatan, dan kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkeu sebagai institusi yang berintegritas. 

“Saya minta komitmen anda semuanya untuk menjaga dan membangun reputasi Kementerian Keuangan, berteman secara profesional, menjadi pemimpin yang bisa diandalkan dan jangan mengecewakan kepercayaan publik, kepercayaan institusi Kementerian Keuangan, dan juga pertanyaan dari seluruh stakeholders kita,” ucapnya. 

Berikut ini nama-nama pejabat Direktorat Jenderal Pajak yang dilantik antara lain 

 

1. Teguh Budiharto sebagai Direktur Peraturan Perpajakan II

2. Neilmaldrin Noor sebagai Kepala Kanwil DJP Jakarta Selatan II

3. Max Darmawan sebagai Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I

4. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penertiban SDM

5. Dwi Astuti sebagai Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat

6. Darmawan sebagai Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II

7. Etty Rachmiyanthi sebagai Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi

8. Sigit Danang Joyo sebagai Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I

9. Heru Narwanta sebagai Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara

10. Arif Mahmudin Zuhri sebagai Kepala Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara

11. Nurbaeti Munawaroh sebagai Kepala Kanwil DJP Bali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement