Sabtu 18 Mar 2023 13:11 WIB

5 Trik Menghemat Tagihan Listrik, Mau Coba?

Dengan beberapa perubahan yang sederhana, kita dapat memangkas biaya tagihan listrik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tagihan listrik yang membengkak bisa disebabkan oleh kebiasaan menggunakan listrik yang kurang bijak. Namun dengan beberapa perubahan yang sederhana, kita dapat memangkas biaya tagihan listrik secara signifikan.
Foto: republika
Tagihan listrik yang membengkak bisa disebabkan oleh kebiasaan menggunakan listrik yang kurang bijak. Namun dengan beberapa perubahan yang sederhana, kita dapat memangkas biaya tagihan listrik secara signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tagihan listrik yang membengkak bisa disebabkan oleh kebiasaan menggunakan listrik yang kurang bijak. Namun dengan beberapa perubahan yang sederhana, kita dapat memangkas biaya tagihan listrik secara signifikan.

Para pakar energi dari Utility Bidder mengatakan, setidaknya ada lima trik yang bisa dilakukan orang-orang untuk menghemat biaya tagihan listrik. Berikut ini adalah kelima trik tersebut, seperti dilansir Express.

Baca Juga

Manfaatkan Cahaya Matahari

Sekitar lima persen biaya listrik berasal dari penggunaan lampu di dalam rumah. Biaya ini bisa dipangkas dengan cara mengurangi penggunaan lampu dan menggantinya dengan sinar matahari. Ketika hari sudah mulai terang, coba padamkan lampu dan buka tirai atau gorden jendela agar cahaya matahari masuk menerangi rumah.

 

Gunakan Mode Eco

Sebagian mesin cuci dapat mengatur suhu air yang digunakan untuk mencuci pakaian. Akan tetapi, fitur ini biasanya memakan lebih banyak energi listrik. Pemborosan ini dapat dihindari dengan cara memilih mode Eco saat akan mencuci baju dengan mesin cuci.

 

Kurangi Penggunaan Mesin Pengering Pakaian

Mesin pengering memang dapat mengeringkan pakaian yang baru dicuci secara instan. Namun, penggunaan mesin seperti ini membutuhkan energi yang cukup signifikan. Penggunaan listrik bisa dihemat dengan menjemur baju secara konvensional di ruang terbuka yang mendapatkan paparan sinar matahari dan angin.

 

Tutup Celah

Di tengah cuaca yang dingin, sebagian orang mungkin akan menyalakan penghangat ruangan agar tubuh tak kedinginan. Penggunaan penghangat ruangan ini sebenarnya bisa dihindari dengan cara menambal celah-celah terbuka pada kusen pintu atau jendela. Dengan begitu, udara dingin dari luar tak mudah masuk ke dalam rumah dan ruangan di dalam rumah bisa tetap terasa hangat.

 

Beraktivitas di Luar

Saat menghabiskan waktu luang di dalam rumah, orang-orang biasanya beraktivitas sambil menggunakan perangkat elektronik yang membutuhkan listrik. Beberapa contohnya adalah menonton televisi, bermain komputer, atau bermain gim konsol. Bila berada di luar ruangan, orang-orang memiliki lebih banyak opsi aktivitas yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan listrik.

"Pastikan perangkat elektronik di rumah Anda tak menggunakan listrik karena dibiarkan dalam mode standby, pastikan perangkat elektronik dalam kondisi tak terhubung dengan listrik dan padamkan lampu sebelum keluar rumah," ujar para ahli dari Utility Bidder. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement